2013-06-20
Oleh - Kang Salman

Tips Agar Anak Suka Mengaji

Tips Agar Anak Suka Mengaji
Advertisement:
Tips Agar Anak Suka Mengaji. Mengaji senyatanya adalah sebuah rutinitas harian yang sangat mencerminkan nilai-nilai keislaman seseorang. Ketika masih bayi, anak hanya bisa mendengar dan sesekali bereaksi ketika dibacakan ayat-ayat Al-Qur'an, dan hal ini merupakan respon positif dari anak Anda. Namun, ketika mulai berumur 3 tahun ke atas, dimana anak sudah mulai senang bermain dan bergaul dengan lingkungannya, hal ini tentu akan menyulitkan para orangtua untuk menanamkan kebiasaan mengaji pada anak. Ditambah lagi sikap cepat bosan yang seringkali melanda anak. Namun, para orangtua diharapkan untuk tidak berkecil hati terlebih dahulu. Sebab kebiasaan baik memang butuh waktu dan cara khusus yang membutuhkan kesabaran ekstra untuk menanamkannya.
Tips Agar Anak Suka Mengaji

Mungkin para orangtua dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk dapat membuat anak suka mengaji:

1. Carilah waktu yang tepat untuk mulai membiasakan anak mengaji. Jangan dilakukan pada waktu-waktu dimana anak seharusnya bermain dan beristirahat. Jangan pula memaksakan kehendak kepada anak dengan berlebihan. Sebab, jika waktu-waktu yang Anda pilih tidak tepat, maka hal ini dapat menjadi bumerang antara Anda dan anak. Atur jadwal anak dengan sebaik-baiknya, berilah penjelasan mengenai jadwal tersebut. Kapan anak boleh bermain, kapan anak harus beristirahat, kapan anak belajar, makan, mandi dan aktifitas harian lainnya.

2. Berilah pengertian yang jelas dan padat tentang alasan mengapa anak harus belajar mengaji. Dan mengapa ia harus meluangkan sedikit waktunya untuk mengaji dan melakukan ibadah-ibadah yang lainnya. Ajak anak untuk berkomunikasi dan bertukar fikiran agar Anda mendapatkan cerminan tentang pendapat Anak atas apa yang Anda sampaikan. Anak juga akan terbiasa mengeluarkan unek-uneknya dan ia akan merasa dihargai. Sehingga perlahan-lahan ia akan berusaha untuk mengikuti apa yang Anda paparkan.

3. Keteladanan. Anak tentu akan meniru orangtuanya. Apa yang dikerjakan oleh orangtuanya pasti akan lebih bisa membekas di otaknya dibandingkan yang oranglain lakukan. Untuk menanamkan kebiasaan baik, Anda harus terlebih dahulu mencontohkannya kepada anak. Bahkan dengan mencontohkannya saja, anak akan serta merta mengikuti tanpa harus Anda perintahkan terlebih dahulu. Sebab anak adalah peniru ulung. Ada saja hal-hal yang bisa ditirunya.

4. Ciptakan suasana yang dekat dengan Al-Qur'an. Putarkan murattal dan dekatkan anak dengan orang-orang yang juga dekat dengan Al-Qur'an. Jelaskan padanya kelebihan orang yang dengan Al-Qur'an.

5. Disiplin dan konsisten dalam membiasakan anak mengaji. Jangan terpengaruh pada mood anak yang berubah-ubah. Inovatiflah mengelola mood anak dengan memvariasikan cara pembelajaran. Bisa dengan suasana santai, dan tidak membebani anak.

6. Jika ternyata anak belum lancar mengaji, ajarkanlah dengan bertahap dan dengan kesabaran ekstra. Gunakan metode pembelajaran yang variatif sehingga tidak membuat anak jenuh. Sekarang ini banyak sekali perkembangan cara mengajar anak dan juga media pembelajaran yang semakin beragam. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi Anda karena dengan demikian, tugas Anda akan terbantu dengan kehadiran media-media tersebut.

7. Berikan penghargaan setiap kali anak melakukan hal baik dan mengaji dengan baik. Bukan berarti Anda harus memberikannya piala sebagai bentuk penghargaan. Sebab penghargaan yang dimaksudkan adalah sesuatu yang sifatnya tulus dan menentramkan. Sehingga anak merasa perlu untuk mengulangnya kembali di lain waktu agar mendapatkan penghargaan yang serupa.

Melatih anak untuk melakukan hal-hal baik itu tentu menjadi sesuatu yang tidak dapat disepelekan. Sebab erat kaitannya dengan pembangunan karakter anak hingga kelak ketika anak dewasa, karakter baik tersebut sudah tertanamkan ke dalam jiwanya. Apalagi untuk menanamkan pembiasaan mengaji pada anak membutuhkan keseriusan dan perhatian total dari orangtua. Dengan mengajari anak membaca al-Qur'an, tentunya para orangtua juga harus terlebih dahulu bisa membaca Al-Qur'an. Sebab jika orangtuanya saja tidak cakap membaca Al-Qur'an, bagaimana hendak menyuruh anak mengaji? Mulailah dulu dari diri sendiri, lalu mulai menularkannya kepada anak. Tentu perkara ini akan menjadi jauh lebih mudah prosesnya. Sebab menanamkan kebiasaan baik kepada anak, harus dari hati. Tidak terdapat unsure paksaan apalagi sampai mendzolimi hak anak. Demikianlah Tips Agar Anak Suka Mengaji semoga bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Tips Agar Anak Suka Mengaji Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle