2013-06-01
Oleh - Fahnurul Atasih

Tips Menghadapi Demam Panggung

Tips Menghadapi Demam Panggung
Advertisement:
Tips Menghadapi "Demam Panggung" - Kucoba.com - Demam panggung atau nervous merupakan suatu perasaan yang pasti pernah dialami hampir setiap orang, demam panggung bukan hanya sekedar perasaan deg-deg an ataupun grogi ketika kita diminta berbicara di depan orang banyak di atas mimbar atau panggung saja, melainkan juga ketika kita diminta berbicara di depan beberapa orang untuk menampilkan sesuatu hal entah itu presentasi,gerakan atau demo sesuatu termasuk ketika kita menghadapi beberapa dosen penguji dalam proses presentasi skripsi kita (Pengalaman ini pernah dialami penulis).

Lantas apakah penyebab sebenernya rasa grogi atau nervous kita itu ?

Tips Menghadapi "Demam Panggung"Penyebab kita demam panggung adalah pengalaman kita kurang dan keberanian menaklukan hati sangat minim atau sebenarnya kita mampu untuk melakukannya namun kita tidak berani untuk mencoba. Kita kadang kurang berani berlatih, apabila suatu saat ditunjuk untuk berbicara dalam event  kecil, misalnya, rapat tingkat RT, Karang Taruan, atau perkumpulan yang ruang lingkupnya di daerah sendiri. Kadang kita masih melemparkan pada orang lain Padahal hal itu kesempatan emas yang dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk mengembangkan ilmu dan belajar menentang ketakutan yang ada diri sendiri. Selain itu rasa nervous memang wajar dialami oleh setiap orang, itu merupakan suatu tanda positif bahwa kita ingin menampilkan yang terbaik, asal kita mampu mengolah rasa nervous tersebut menjadi energi positif.

Bagaimanakah  mengatasi rasa nervous atau demam panggung itu?

Kucoba.com mencoba berbagi tips kepada Anda, agar dapat lebih megolah rasa nervous Anda menjadi sebuah energi yang positif sehingga Anda mampu memberikan penampilan yang terbaik, berikut beberapa tipsnya

1. Persiapan
Selain persiapan mental, persiapkan juga materi yang akan dibicarakan. Kita bisa membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi atau mengunggah di internet. Buat kerangka materi dengan menuliskan hal-hal penting/ garis besar materi. Cari materi yang kita kuasai.

2.   2. Latihan
Kita harus berani berlatih, bisa latihan sendiri atau berlatih bicara dalam acara acara kecil misal, pertemuan RT atau rapat-rapat kecil di suatu organisasi yang kita ikuti. Kita belajar bertanya, mengusulkan sesuatu, dari hal-hal yang kecil lama kelamaan bicara dalam lingkup yang lebih besar. Dari hal-hal yang kecil kita bisa belajar menaklukkan ketakutan dan belajar dengan pengalaman.

3.   3. Percaya diri
Percaya diri memegang peranan penting, kita percaya bahwa kita bisa dengan kemampuan diri sendiri. Dan harus yakin bahwa kemampuan bisa melenyapkan grogi. Pilih topik yang kita kuasai dan pernah mengalaminya. Dan Anda yakin bahwa kita tidak sendiri serta yakin akan bisa bicara, dan hal ini kita anggap sebagai pengalaman yang harus dijalani. Kalu gagal ini merupakan pembelajaran berharga bagi diri kita,selain itu anda yakin bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

4.  4. Tenangkan pikiran /konsentrasi.
Ketenangan dan tidak gelisah adalah modal utama berbicara di depan orang banyak. Konsentrasi pada satu hal. Jangan memikirkan hal-hal lain. Tarik napas dalam-dalam agar hati tenang. Dan tak kalah pentingnya adalah berdoa, bila ini merupakan sebuah moment penting dalam hidup Anda (cth : Sidang skripsi) mintalah doa restu kepada orang-orang yang Anda cintai khususnya doa Ibu.Percaya atau tidak doa dari beliau memberikan kontribusi besar dalam hidup kita.

5   5. Bersikaplah rileks. Rileks dapat kita ciptakan dengan cara humor ringan, cara ini akan mengendorkan    pikiriran dan dapat menetralisrir pikiran sehingga anda tidak tegang.

Itulah beberapa Tips yang mampu Kucoba.com bagi untuk Anda, semoga bermanfaat. Ingat kata Anggun (seorang juri X-Factor) "Nervous itu wajar karena rasa nervous sebagai bukti kita ingin menampilkan yang terbaik".

Terimakasih telah mengunjungi Kucoba.com, ajak teman,sodara dan orang-orang disekeliling Anda untuk mengunjungi juga.
Advertisement:
Judul : Tips Menghadapi Demam Panggung Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle