2013-07-24
Oleh - Kang Salman

Cara Buat Akta Kelahiran Anak Terbaru

Cara Buat Akta Kelahiran Anak Terbaru
Advertisement:

Cara Buat Akta Kelahiran Anak Terbaru

Oleh : Christanty Putri Arty

cara buat Akta Kelahiran Anak
Dengan adanya sistem baru tentang cara buat Akta Kelahiran Anak lebih memudahkan orang tua untuk segera mengurus perlengkapan akta setelah masa kelahiran anak. Tidak perlu memakai tenaga calo atau makelar lagi, kini semua bisa diurus para orang tua sendiri dengan cepat dan tanpa biaya lagi. Betapa pentingnya peranan akta kelahiran dari mulai untuk proses administrasi pendaftaran sekolah kelak, mendaftar tes pada instansi pemerintahan (CPNS), surat untuk menikah, maupun untuk pendaftaran naik haji. Oleh karena itu disarankan untuk segera mengurus langsung begitu anak telah lahir ke Kantor Catatan Sipil.

Menurut ketentuan yang berlaku UU No.23 Tahun 2006 yang mengatur tentang beragam jenis Akta Kelahiran yaitu sebagai berikut :

1. Jenis Akta Kelahiran Umum
Akta yang dibuat atas laporan kelahiran dari warga kepada DInas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam kurun waktu selambat-lambatnya 60 hari sejak tanggal kelahiran. Pembuatan akta kelahiran ini tanpa dipungut biaya sepersen pun.

2. Jenis Akta Kelahiran Dispensasi
Akta yang dibuat atas laporan kelahiran yang telah melewati batas waktu 60 hari sejak tanggal kelahiran. sebagaimana diatur dalam peraturan pembuatan akta kelahiran dispensasi ini wajib dikenai sangsi berupa denda yang telah ditentukan.

3. Jenis Akta Kelahiran Pengadilan
Akte Kelahiran yang dibuat atas laporan kelahiran yang melampaui batas waktu satu tahun lamanya sejak tanggal kelahiran, sehingga pencatatannya harus dilaksanakan berdasarkan Penetapan Pengadilan Negeri.

Persyaratan yang harus dipersiapkan dalam cara buat akta kelahiran anak adalah sebagai berikut :
  • Adanya surat keterangan melahirkan baik dari Rumah Sakit/ Rumah Bersalin/Puskesmas ataupun bidan yang membantu kelahiran.
  • Salinan surat KTP suami dan istri dan menghadirkan 2 orang saksi
  • Salinan surat Kartu Keluarga Format Baru
  • Salinan Buku Nikah orang tua yang bersangkutan.
  • Adanya surat pengantar keterangan RT/RW
  • Adanya surat pengantar kelahiran dari Kelurahan setempat dengan stempel asli.
  • Menyiapkan materai Rp. 6000
  • Mengurus ke Penetapan Pengadilan Negeri Kota/ kabupaten setempat bagi pemohon akta kelahiran yang telah melebihi batas setahun dari tanggal kelahiran.
Ada juga prosedur dalam cara buat akta kelahiran umum dan akta kelahiran dispensasi seperti :
  • Yang berkepentingan harap membawa kelengkapan surat seperti yang disyaratkan di loket pelayanan Kantor Catatan Sipil.
  • Wajib menandatangani buku register akta kelahiran dengan dua orang saksi hadir.
  • Melengkapi formulir pendaftaran bermaterai yang sudah ditentukan
Sedangkan Mekanisme dan Prosedur Jenis Akte Kelahiran Pengadilan juga harus sesuai ketentuan seperti :
  • Mengurus langsung ke Pengadilan Negeri Kota wilayah setempat untuk memperoleh keterangan Penetapan dari Pengadilan Negeri
  • Keterangan Penetapan Pengadilan Negeri terbit terhitung seminggu lamanya dari tanggal pendaftaran, lalu diharapkan melengkapi berkas penting sesuai persyaratan terlampir dari Penetapan Pengadilan Negeri ke bagian Kantor Catatan Sipil
  • Melengkapi formulir pendaftaran bermaterai yang sudah ada
  • Wajib menandatangani buku register akta kelahiran dengan dua orang saksi hadir.
Tambahan sebagai informasi terbaru terhitung sejak tanggal 1 Mei 2013, dihimbau semua warga yang belum membuat akta lahir tidak perlu repot mengurus dulu ke pengadilan. Melainkan cukup melalui proses sidang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, khusus untuk di Kabupaten / Kota Masing-masing. Aturan baru ini telah diputuskan secara resmi Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 18/PUU-XI/2013 tertanggal 30 April 2013, secara tidak langsung menyatakan pasal 32 ayar (2) UU no 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Putusan tersebut diharapkan membuat kesempatan baru warga setempat dalam menyelesai administrasi pembuatan akta kelahiran. Karena masih ada sebagian dari merekah ada yang enggan dan tidak terbiasa dengan pengadilan. Bentuk sebagai tindakan disipliner warga membuat akta lahir, maka jika ada warga yang mengalami keterlambat lebih dari satu tahun akan dikenakan sangsi denda sebesar Rp100 ribu.

Jadi alangkah bijaksananya kita sebagai warga yang baik turut mendukung program pemerintah dengan selalu menaati ketentuan seperti halnya cara buat akta kelahiran anak sebaik mungkin.

Advertisement:
Judul : Cara Buat Akta Kelahiran Anak Terbaru Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle