2013-07-24
Oleh - Kang Salman

Cara Melupakan Mantan Dengan Ketulusan

Cara Melupakan Mantan Dengan Ketulusan
Advertisement:

Cara Melupakan Mantan Dengan Ketulusan

Oleh : Christanty Putri Arty

Cara melupakan mantan merupakan salah satu bentuk proses kedewasaan seseorang dalam menyikapi kehidupan duniawi yang begitu sarat liku-liku kehidupan. Tidak bisa dipungkiri terkadang hidup yang dilakoni ini tidaklah semulus dan seindah seperti apa yang dibayangkan. Malahan bisa jauh dari kenyataan dan kerap menjadikan trauma yang berkepanjangan. Gara-gara hal sepele dalam urusan asmara, orang bisa menutup diri karena merasa pribadinya rapuh dan mengalami pukulan batin, trauma karena dikhianati, bahkan ada yang lebih ekstrim untuk mengakhiri hidup dengan cara yang kurang terpuji. Bunuh diri.

Cara Melupakan Mantan Pacar yang Disayangi

Menurut sumber data dari Komisi Nasional Perlindungan Anak di Jakarta, pada tahun 2012 ada 37 kasus bunuh dari, 50% diantaranya karena mengalami patah hati. Sungguh ironis sekali melihat catatan kelam tersebut. Seharusnya masa remaja mudanya dapat dioptimalkan sebaik mungkin dengan terus berkarya dan berprestasi di lingkungan masyarakat ataupun studi. Bukannya mengambil jalan pintas yang sangat dikutuk oleh agama manapun. Seperti yang diserukan dalam agama Islampun mengecam akan bahayanya dosa akibat bunuh diri, digolongkan sebagai dosa yang tak terampuni dengan ancaman neraka.



Sebagian orang menganggap jalinan kasih di masa lalu sebagai memori terindah dalam potret kehidupan manusia. Secara tidak langsung menjadikan masa lalu itu sebagai bagian dari secuil perjalanan hidup sekarang. Bisa juga merupakan kenangan yang pahit atau manis, yang mau tidak mau juga mempengaruhi cara seseorang dalam menghadapi emosi yang ada. Efek masa lalu terkadang datang menghantui. Kemungkinan dulu seorang pernah dikhianati, sekarang menjadi seorang yang cenderung tertutup dan tidak percaya diri. Ada juga yang dulu mendapatkan trauma fisik menjadikan pribadi yang mudah emosi serta memiliki ketakutan yang berlebihan Begitu pula dengan seorang yang merasa terpukul akibat diputus cinta kini akan sulit membuka hati untuk memulai hubungan baru. Karena takut mengalami kejadian yang serupa. Trauma sakit hati jatuh pada lubang yang sama. Sehingga diperlukan suatu proses pendewasaan sikap serta mental baik untuk bangkit. Yakni dengan berpikir positif mengambil cara melupakan mantan tentunya dengan ketulusan hati.

Pikiran positif akan mendorong seseorang untuk lebih berpikir realitis dalam hidup. Tidak terjebak dan berkubang dalam tragisnya masa lalu. Permasalahan hidup bukan untuk selalu disesali apalagi ditangisi secara percuma. Melainkan harus diperjuangkan hingga mencapai perjuangan keluar dari kemelut permasalahan. Serta akhirnya berhasil menjadi pribadi baru yang tangguh dan memiliki kekuatan baru menata hidup lebih baru. Kedengarannya sungguh mengagumkan. Berkat perjuangan mengatasi segala kepedihan dan luka hati dari masa lalu, mungkin ada baiknya mencoba menerapkan cara melupakan mantan seperti berikut :

1. Carilah teman atau orang yang dipercaya
Cara yang bisa membuat hati seseorang lebih nyaman dan lega dikarenakan ada sokongan mental berikut kehadiran teman atau sahabat. Dengan begitu semua uneg-uneg atau kepedihan hati bisa disharing bersama-sama. Curhat terhadap orang yang dipercaya mampu meringan beban masalah hidup.
2. Putuskan Jalinan Komunikasi
Dengan putus kontak atau tidak berusaha berkomunikasi lagi tentulah akan lebih memudahkan hati dan pikiran untuk tidak terus memikirkan sang mantan. Baik juga untuk membuang semua baik daftar nomor telpon dan jejak di media sosial.
3. Selalu tanamkan pikiran positif
Prinsip baik ini akan membantu seseorang lebih bersikap matang dan melihat kenyataan yang terjadi. Setiap masalah sebisa mungkin dihadapi dengan hati yang sabar dan tulus iklas. Dengan begitu mudah mengambil hikmah terbaik dari masalah yang terjadi.
4. Melakukan beragam kegiatan
Secara tidak langsung dengan melakukan banyak kegiatan rasa kehilangan itu perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya. Aktifitas yang sibuk dapat memulihkan waktu yang terasa hampa. Dengan aktif seperti menekuni hobi travelling, mendaki gunung atau menjadi sukarelawan sosial.
5. Menuliskan diari
Menuliskan perasaan hati merupakan hal yang efektif dalam mengusir kepenatan hati. Menulis dalam buku diari seperti mewakili curahan isi hati dan perasaan.
6. Membuat daftar
Sekiranya masih terbayang-bayang dengan sosok mantan yang sangat digandrungi, ada baiknya membuat daftar mengenai catatan keburukan yang pernah ada. Sehingga terbuka kesempatan hati untuk kehadiran kekasih yang baru tanpa harus membandingkan dengan mantan.

Demikian beberapa cara melupakan mantan dengan ketulusan hati. Diharapkan seseorang mampu belajar menerima setiap masalah sebagai kenyataan hidup meskipun begitu menyakitkan. Semoga dengan niat penuh ketulusan bisa saling memaafkan. Segeralah bangkit dan mulai songsong kehidupan yang lebih baru dan menyenangkan.
Advertisement:
Judul : Cara Melupakan Mantan Dengan Ketulusan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle