Cara Memperbaiki Flashdisk Yang di Protect dan Tidak Bisa di Format

Minggu, 28 Juli 2013

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang di Protect dan Tidak Bisa di Format

Oleh : Christanty Putri Arty

Kucoba.com - Piranti penyimpanan flash disk sebagai sarana mobile akan terganggu multi fungsinya jika para pemakai tidak paham cara memperbaiki flashdisk yang diprotect dan tidak bisa di format. Ya, tentu saja akan merugikan sekali karena piranti kecil itu penting peranannya dalam urusan kinerja seperti transfer data serta menyimpan file, data, serta dokumen-dokumen penting lainnya. Seluruh data-data yang tersimpan di flashdisk bisa dipindahkan ke perangkat yang lain semisal dalam laptop, flashdisk lainnya maupun komputer.
cara memperbaiki flashdisk yang di protect
Tidak selamanya flashdisk bisa berfungsi normal dan baik. Adakalanya flashdisk mengalami beberapa gangguan seperti keadaan flashdisk write protected alias flashdisk tidak bisa dipakai untuk penyimpanan data sehingga kemungkinan harus di format ulang. Gejala umumnya yang sering dialami ketika flashdisk mengalami kendala ketika disambungkan langsung ke piranti komputer ataupun PC rumah maka segera muncul keterangan di monitor bahwa flashdisk mengalami write protected. Keadaan yang menyatakan disk write protected sama halnya dengan media write protected. Sehingga kemungkinan untuk melakukan aktifitas menginput data, mengedit bahkan menghapus data saja tidak bisa dilakukan serta merta. Gejala itu menunjukkan suatu indikasi bahwa flashdisk sedang mengalami trouble dan diblokir sendiri oleh sistem operasinya atau operating system. Untuk itu diperlukan langkah mengantisipasi problem tersebut tentunya dengan banyak mempelajari cara memperbaiki flashdisk yang di protect dan tidak bisa di format.

Berikut Cara memperbaiki Flashdisk write protected secara manual:
Cara mudah yang bisa dilakukan dengan menggunakan software dan dilakukan secara manual. Perhatikan uraian dalam mengikuti cara manual berikut ini :
  • Tekan tombol Window + R berbarengan
  • Pilih perintah REGEDIT lalu klik oke
  • Kemudia akan muncul kotak dialog baru, tekan Ctrl+F
  • Ketik tulisan berikut WRITE PROTECTED pada kotak searching, pilih Find Next dan segera hapus jika menemukan keterangan write protected. Caranya dengan melakukan klik kanan memunculkan pesan hapus.
  • Jika muncul dialog konfirmasi tekan Oke untuk menyetujui
  • Write protected sudah terhapus kodenya dan mobile flashdisk kembali ke kondisi semula.
  • Tutup dialog Registri Editor, cabut flashdisk lalu restart komputer Anda
  • Setelah cara perbaikan diatas selesai dengan sempurna, biasanya flashdisk sudah bisa dipakai kembali karena kode write protectednya sudah hilang. Semisal flashdisk masih mengalami kendala gunakan cara kedua yaitu menggunakan software.

Alternartif lain memperbaiki flashdisk error

Kondisi flashdisk yang error adalah tidak bisa diformat, juga write protected, memiliki properties kosong, dan sebagainya, tetapi komputer masih dapat mendeteksi flashdisk. Dengan cara yang dilakukan adalah dengan cara memprogram ulang flashdisk.

Cara pertama :
Mengidentifikasi segera PID dan VID flashdisk. Informasi tentang vendor pembuat flashdisk terdapat pada VID, sedangkan info tentang chip controller yang digunakan flashdisk tersebut termasuk dalam PID. Nilai PID ini menentukan software / tool yang tepat untuk digunakan dalam flashdisk. Untuk mengetahui PID/VID flashdisk kita bisa menggunakan software ChipGenius. Setelah anda mendownload software tersebut, masukan flasdisk ke port USB komputer, lalu masuk dalam ChipGeniusnya yang sudah diunduh terlebih dulu.

Cara kedua :
Cari info lebih lanjut ke situs: http://www.flashboot.ru/index.php?name=Files setelah berhasil menemukan PID/VID flashdisk. Disarankan sambil mengerti terjemahan di internet tentang bahasa asing. Setelah itu cari di situs tersebut Chip Vendor & Chip Part-Number yang sesuai dengan flashdisk yang ada.

Cara Ketiga :
Melakukan program ulang flashdisk. Untuk perform dan unjuk kerja program chip controller berbeda satu dengan yang lain. Kadangkala pemakai harus menginstal driver software asli bawaannya untuk menggunakan software ini. Pastikan jika software driver bisa mendeteksi flahdisk. Setelah itu masuk ke setup dan pilih setingan defaultnya.

Demikian uraian singkat cara memperbaiki flashdisk yang diprotect dan tidak bisa di format. Andaikata flashdisk tetap dalam keadaan yang tidak bisa diperbaiki ada baiknya dibawa maintenance khusus flashdisk yang error. Jika memaksakan untuk memperbaiki semuanya malah akan berakibat fatal. Bukannya flashdisk menjadi baik melainkan error terus.
Artikel Terbaru