2013-07-03
Oleh - Kang Salman

Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat

Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat
Advertisement:
cara mengatasi sariawan, mengobati sariawanCara Mengatasi Sariawan dengan Cepat -  Kucoba.com, Penyakit yg sering diderita manusia salah satunya adalah sariawan, sariawan ini sering di derita jika setiap harinya jarang mengkonsumsi vitamin C. Sariawan ini merupakan luka yang terjadi pada selaput lender mulut yang warnanya putih kekuningan dan bentuknya agak cekung. Biasanya sariawan ini disertain dengan rasa perih ketika makan pedas dan terkena di daerah luka tersebut. Sariawan ini menimbulkan suasana yang tidak menyenangkan sekali. Sariawan ini sering terjadi di daerah gusi, lidah, bibir, pipi dan langit - langit mulut.

Penyebab sariawan ada beberapa faktor. Diantara begitu banyaknya faktor yang menyebabkan sariawan adalah karena luka yang tergigit, alergi, mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, kurangnya mnegkonsumsi vitamin C, kurang menjaga kebersihan mulut, kurangnya zat besi, ataupun kondisi tubuh yang kurang fit.

Yang perlu diperhatikan dan diwaspadai adalah jika sariawan terjadi dalam jangka waktu yang lama dan tak kunjung sembuh sebab bisa jadi tanda tersebut merupakan tanda penyakit kanker pada rongga mulut.

Untuk menghindari sariawan juga ada beberapa cara, diantaranya:

Jagalah kebersihan mulut Anda, karena sariawan terjadi karena adanya kuman dan bakteri yang bersarang di mulut. Dan untuk meminimalisir penyakit tersebut kita harus menjaga kebersihan mulut kita.

Jika alergi yng merupakan penyebab sariawan tersebut , maka Anda harus bisa menghindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang akan mengakibatkan Anda alergi dan terjadi sariawan.

Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan serta makanan yang banyak mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin. Cara ini dapat menghidarkan Anda terserang sariawan.

Stress yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya sariawan .

Trauma yang terjadi pada rongga mulut akibat menyikat gigi dengan cara yang salah akan menimbulkan trauma dan akan menyebabkan Anda terkena sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan akurat adalah dengan:

Konsumsi Tomat mentah, tomat memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, mengkonsumsi tomat ini bisa di buat jus ataupun jika terbiasa dapat pula langsung di makan mentah saja.

Perbanyak minum vitamin, sariawan terjadi pada orang yang kekurangan vitamin b dan c. Vitamin merupakan sumber yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Berkumur dengan air garam merupakan solusi untuk mengobati sariawan, garam di campur dengan air hangat kemudian kumur - kumur dengan air tersebut tiga kali sehari. Namun cara ini akan menimbulkan rasa perih di daerah luka tersebut.

Sariawan terjadi karena kekurangan cairan di dalam tubuh akibat panas dalam, oleh karena itu perbanyak minum air putih lebih banyak dari biasanya.

Daun sirih juga dapat di gunakan untuk mengobati sariawan, selain dapat mengatasi bau mulut. Caranya dengan merebus daun sirih yang di campur garam dan gunakan untuk berkumur.

Getah tangkai jarak dapat juga digunakan untuk mengobati sariawan di mulut. Cara menggunakannya sangt mudah , tangkai jarak dipotong tunggu sampai getahnya keluar di bagian ujung , kemudian getah tersebut di teteskan pada bagian yang terluka karena sariawan, dapat juga getah tersebut di campur air untuk berkumur, ulangi sebanyak 3 kali sehari sampai sariawan tersebut sembuh.

Gunakan bawang mentah atau getah papaya ke luka sariawan, cara ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada sariawan.

Berkumur dengan baking soda juga akan membantu untuk menyembuhkan sariawan karena baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan akan mengurangi rasa sakit pada luka tersebut.

Konsumsi yogurt untuk menyeimbangkan bakteri di mulut dan tubuh, yogurt yang baik untuk di konsumsi untuk mengurangi sariawan adalah yogurt yang mengandung acidophilus hidup.

Untuk menyembuhkan sariawan selain dengan cara tradisonal, sariawan juga dapat diredakan dengan menggunakan beberapa obat, obat tersebut dapat berbentuk salep yang mengandung antibiotic dan penghilang rasa sakit, dalam bentuk tetes, Tupun obat kumur. Dan di took - took sudah banyak menyediakan pasta gigi yang berfungsi untuk mengurangi timbulnya sariawan.

Apabila sariawan sudah parah, maka dapat menggunakan obat antibiotic dan penurun panas apabila sariawan disertai dengan demam. Jika sariawan tak kunjung sembuh selama 4 hari ada baiknya untuk konsultasi ke dokter.
Advertisement:
Judul : Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle