Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Baik dan Benar

Jumat, 26 Juli 2013

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Baik dan Benar

Oleh : Christanty Putri Arty

Cara menghitung usia kehamilan , menghitung usia kehamilan yang baik dan benarCara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar setidaknya harus menjadi bekal pengetahuan yang penting bagi calon para ibu. Dengan demikian para calon ibu selalu bisa memantau kesehatan serta asupan amunisi gizi dan keperluan penting lainnya yang diperlukan sekali oleh janin dalam perut. Jika sang ibu kurang memperhatikan salah satu faktor yang ada, dikuatirkan bisa menimbulkan gangguan yang tidak diinginkan selama proses mengandung.

Memang diantara para ibu yang akhirnya dipercaya bisa mengandung, kurang menyadari keberadaan janin di dalam perutnya. Mungkin diakibatkan beberapa faktor yang seperti penulis alami. Salah satunya adalah ketidak lancaran masa menstruasi wanita tiap bulannya. Sebagian wanita memang ada yang mengalami ketidakteraturan untuk mengalami datang bulan. Bahkan ada yang lebih parah sampai berbulan lamanya tidak mendapati masa haid. Jika sudah terlanjur, setidaknya para wanita yang hamil sebaiknya untuk segera memeriksakan diri beserta kandungannya ke dokter ahli kandungan ataupun bidan yang berkompeten. Agar mendapat petunjuk dan vitamin penting lainnya untuk menunjang keberlangsungan masa kehamilan yang indah serta menyenangkan.

Penanganan yang mudah dan cepat serta nyaman akan diperoleh ketika sang ibu mau rutin memeriksakan kandungannya pula. Salah satunya adalah bisa mengetahui cara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar. Bagaimana proses dalam cara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar dilakukan dengan metode sebagai berikut :
  1. Metode USG
    Ultrasonografi merupakan singkatan dari metode USG. Metode USG yang umum digunakan oleh para dokter ahli juga beberapa bidan. Tingkat akurasinya mendekati Sembilan puluh lima persen. Sehingga pemakaian USG ini tidak perlu diragukan lagi dalam cara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar. Perkembangan tehnologi USG kian maju, selain mampu memprediksi usia janin alat ini dapat menampilkan hasil berupa 3 dimensi. Sehingga tampak jelas baik organ-organ beserta wajah bayi dalam perut.
  2. Kalkulator Masa Subur
    Kalkulator ini didesain khusus berfungsi menghitung usia kehamilan. Caranya begitu mudah sekali. Tinggal mengklik area lingkaran yang ada lalu gerakkan mouse untuk memutar lingkaran sesuai dengan kondisi masa mengandung ibu hamil. Sehingga bisa diperkirakan kondisi janin serta menghitung tanggal lahir bayi. Yang perlu diingat, fasilitas jam kalkulator ini hanya memberikan gambaran umum dalam perhitungan standar dalam menentukan usia kehamilan seseorang.
  3. Metode Deteksi Gerakkan Janin
    Dengan mengetahui gerakan janin dalam perut ibu, dokter atau bidan sudah mampu memperkirakan janin yang terdapat dalam perut sang ibu berusia sekitar 18 sampai 20 minggu. Terutama untuk calon ibu yang mengalami masa kehamilan anak pertama kalinya. Sedangkan pada ibu dengan kehamilan berikutnya, diperkirakan janin akan bergerak aktif pada usia kehamilan memasuki minggu ke 16 sampai minggu ke 18.
  4. Metode Siklus Mestruasi
    Penghitungan berdasarkan pada tanggal berapa masa menstruasi terakhir kali. Dibantu dengan pemakaian rumus NAEGELE, yakni waktu terakhir menstruasi +7 kemudian bulan menstruasi -3 serta dengan periode tahun ditambah dengan angka 1. Sebagai catatan yang bisa memakain metode ini terbatas pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur yakni setiap 28 atau 30 hari sekali.
  5. Metode Penghitungan Puncak Rahim
    Cara ini seringkali digunakan oleh bidan dengan cara meraba bagian fundus uteri atau yang disebut dengan rahim terutama di bagian wilayah yang menonjol di bagian dinding perut ibu hamil. Cara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar melalui metode ini dimulai dari tulang kemaluan wanita yang mengandung. Jika jarak antara tulang kemaluan dan puncak rahim berkisar 28 cm berarti usia janin telah masuk hitungan waktu 28 minggu. Apabila mencapai ketinggian 36 cm, itu artinya usia janin berkisar 36 minggu. Metode ini bisa diperoleh hasil yang akurat jika ibu yang hamil memiliki berat badan normal tidak mengalami obesitas. Sehingga bisa dilakukan menggunakan tehnik 2 jari dalam menghitung usia janin dalam rahim. Dengan tenaga medis yang handal dan berpengalaman, bisa mengukur dengan meletakkan 2 jarinya diantara tulang kemaluan dan puncak rahim. Pedoman pastinya, adalah setiap penambahan 2 jari artinya penambahan usia ibu yang mengandung sekitar 2 minggu.
Semoga saja dengan membaca informasi tentang cara menghitung usia kehamilan yang baik dan benar semakin menambah luas wawasan para ibu hamil sekalian dalam menjaga kandungannya secara hati-hati. Selamat menikmati masa kehamilan dengan hal-hal yang menyenangkan.
Artikel Terbaru