2013-07-20
Oleh - Kang Salman

Cara Meningkatkan Kebugaran Dengan Olahraga

Cara Meningkatkan Kebugaran Dengan Olahraga
Advertisement:

Cara Meningkatkan Kebugaran Dengan Olahraga

Oleh : Christanty Putri Arty
Cara Meningkatkan Kebugaran
Kini kebanyakan orang semakin tenggelam dalam kesibukkan aktifitas kerja, tanpa mempedulikan kesehatan pribadi seperti berinistiaf bagaimana cara meningkatkan kebugaran. Seperti lembur maupun rutinitas yang monoton. Sepertinya tidak ada lagi ruang waktu lain untuk menciptakan hal baru selain bekerja. Para ahli menganggap perilaku demikian sebagai workaholic atau istilahnya gila kerja. Tuntutan waktu untuk bersikap professional dan bertanggung jawab dalam pekerjaan tidak mengindahkan alarm tubuh yang bergerak keras dari pagi hari hingga malam. Sebagian orang tidak menyadari dampak buruk yang terjadi, kecuali kalau kondisi tubuh sudah dalam keadaan titik nadir, Semisal jatuh sakit bahkan yang terburuk sampai mengalami komplikasi terkena penyakit dalam yang serius.

Tubuh manusia yang bekerja diibaratkan seperti mesin yang memang membutuhkan keseimbangan yang cukup antara waktu bekerja dan beristirahat. Jika tubuh terus dipaksakan bekerja terus menerus mengakibatkan daya tahan ataupun stamina menjadi turun sehingga mempengaruhi kekebalan tubuh dalam memerangi serangan penyakit. Jangan pernah memandang sepele suatu masalah terlebih jika menyangkut masalah kesehatan. Faktor penting berikut merupakan penopang keberlangsungan manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Yakni disiplin dalam menjaga
kesehatan serta mengetahui cara meningkatkan kebugaran tubuh.

Tahukah seberapa pentingnya orang dengan peningkatan kebugaran tubuh yang dialami. Ternyata semakin meningkatnya kebugaran tubuh tentunya diperoleh dengan rajin berolahraga memperoleh banyak manfaat. Dengan tubuh yang lebih bugar akan diperoleh bentuk energi dan rasa semangat tinggi. Inilah yang disebut reaksi bentuk energi secara positif mendorong prestasi kinerja seseorang. Bayangkan saja, bagaimana jika seorang dengan kondisi lemah dan sakit dipaksakan untuk tetap bekerja. Hasilnya tidaklah menjadi baik dan semaksimal kemampuan orang yang memiliki kondisi sehat dan bugar.

Bagaimanakah jalan terbaik memilih cara meningkatkan kebugaran tubuh ? Jawabannya sederhana yakni dengan teratur serta rajin berolahraga. Mengatur pola hidup sehat dengan selektif memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak lupa untuk menerapkan sikap hidup sehat seperti hindari stress berkepanjangan, merokok berlebihan serta hindari obesitas. Pilih olahraga ringan yang bisa dilakukan sehari-hari. Seperti misalnya berjalan kaki. Dengan membiasakan diri berjalan kaki kurang lebih sekitar 30 menit lamanya sudah cukup baik dalam membakar lemak disamping memacu gerakan jantung. Dengan demikian meningkatkan kebugaran menyeluruh terhadap paru-paru, persendian, jantung, serta tulang. Karena adanya aliran darah yang mengalir lancar dalam tubuh. Meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih efektif. Dengan begitu terhindar dari resiko penyakit dalam yang berbahaya seperti yang umum terjadi menyerang masyarakat perkotaan kelas menengah adalah penyakit stroke, kolestrol tinggi, diabetes, serangan jantung, mengidap jantung koroner, kanker, serta hipertensi.

Gejala yang seringkali dialami seorang yang tidak peduli dengan kesehatan bahkan seperti mengabaikan kondisi kesehatan yang dialami malah dapat memperburuk keadaan. Jika seorang sudah merasa kurang sehat dan tubuh merasa tidak fit jangan terlalu memaksakan lebih keras untuk berkerja. Alangkah lebih baiknya jika berupaya serta berinisiatif merubah pola hidup yang merugikan. Langkah sederhana yang bisa dilakukan seperti :
  1. Segeralah beristirahat jika merasakan tubuh kurang fit atau sama sekali merasa kondisi yang lemas dan tak berdaya.
  2. Berikan jeda sebentar untuk melakukan gerakan refreshing, seperti mengendurkan syaraf yang kaku. Dengan menselonjorkan kaki, atau segera berdiri dari tempat duduk. Dengan posisi berdiri, usahakan untuk melemaskan barang beberapa detik otot kaki maupun otot tungkai yang selama ini dipakai untuk menumpu badan. Buatlah gerakan ringan seperti memutar bahu badan secara berlawanan dengan posisi tangan yang disilangkan.. Tujuannya melemaskan otot punggung, kaki dan paha demi memperoleh kebugaran.
  3. Jika berhadapan dengan layar monitor komputer usahakan setiap lima belas menit untuk menoleh atau berkedip ke obyek benda lain. Usahakan melihat suatu obyek yang berwarna hijau. Efek warna tersebut dirasa bisa menyejukkan pandangan dan otot mata serta retina.
Ternyata banyak manfaat yang dipetik jika seorang dengan penuh kesadaran mengetahui cara meningkatkan kebugaran dengan olahraga. Selain bisa meminimalisirkan kerugian yang terjadi pada tubuh, orang akan lebih sehat dan bugar dalam melakukan aktifitas. Jadi seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, sama halnya dengan menjaga kesehatan lebih utama. Benar, demikian bukan ?
Advertisement:
Judul : Cara Meningkatkan Kebugaran Dengan Olahraga Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle