2013-07-31
Oleh - Kang Salman

Kue Kering Hari Raya Lebaran 2013

Kue Kering Hari Raya Lebaran 2013
Advertisement:
Kue Kering Hari Raya Lebaran 2013Kucoba.com - Kue Kering Hari Raya Lebaran 2013 Bulan Ramadhan adalah bulan yang kehadirannya ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat islam di segala penjuru dunia. Begitu banyak hal yang berkaitan dengannya. Mulai dari ibadah-ibadah khas Ramadhan, sampai pada rutinitas dan aktifitas khas Ramadhan. Begitupula dengan jajanan dan makanan yang khas bermunculan ketika datangnya bulan Ramadhan. Yang paling terasa adalah terdapatnya pasar Ramadhan yang menyajikan beragam hidangan khas ta’jil dan hidangan untuk sahur.

Mulai dari pertengahan Ramadhan, biasanya Ibu-Ibu rumah tangga mulai disibukkan dengan penyambutan hari Raya Iedul fitri sebagai tanda penutupan Ramadhan. Beragam aktifitas khasnya juga merambah ragam suku dan budaya yang juga berbeda-beda. Mulai dari mempersiapkan seragam keluarga yang akan dipakai ketika berkunjung ke rumah sanak keluarga. Mempersiapkan hadiah lebaran bagi orang-orang terkasih. Mempersiapkan hidangan bagi orang-orang yang berkunjung ke rumah. Hingga mempersiapkan santunan bagi saudara yang kurang mampu.

Ada satu hal yang sangat khas pada lebaran atau hari Raya Iedul Fitri di Indonesia. Yakni meningkatnya jumlah kehadiran kue kering yang memang sangat digandrungi keberadaannya sebagai sajian khas lebaran. Berikut aneka jenis Kue Kering yang selalu ada saat lebaran:
  1. Putri Salju
    salju adalah nama macam kue kering yang banyak dibuat orang ketika Lebaran tiba. Variasinya yang kini semakin beragam membuat putri salju semakin menarik untuk dinikmati. Disebut putri salju karena bentuknya yang dilumuri oleh gula halus yang diumpamakan sebagai salju. Padahal bentuknya juga beragam dan tidak menyerupai putri. Entah dari mana asal usulnya. Yang pasti, kue kering jenis ini sangat menggoyang lidah untuk mencicipinya. Terbuat dari campuran Tepung terigu,Tepung maizena, Margarin, kuning telur, Keju edam parut, keju cheddar parut, dan pastinya gula halus atau gula halus mint untuk taburannya.
  2. Kastengel
    Kue kering berikutnya yang sering ada di hari lebaran adalah kastengel. Aslinya kue ini berasal dari bahasa Belanda yang berarti batangan keju atau keju batangan. Nah, terbayangkan sudah bagaimana wujudnya? Ya, sebagai mana kue kering lainnya yang dipanggang di oven, pada kastengelpun berlaku cara yang sama yakni dipanggang di oven. Hanya saja yang menarik dari kastengel adalah bentuknya yang panjang menyerupai persegi panjang dan biasanya akan menjadi lebih baik ketika dibuat dengan adonan yang menggunakan keju khas Belanda seperti keju Edam atau keju Gouda. Cita rasanya yang gurih dan ada sedikit rasa pahit dan asin, membuat kekhasan tersendiri bagi pecinta kastengel ini.
  3. Kue Semprit
    Kue semprit ini bisa langsung dikenali dari bentuknya yang unik. Lagi-lagi entah bagaimana asal penamanaannya. Yang pasti, kue kering jenis ini juga menjadi salah satu pilihan kue kering yang sedianya banyak ditemukan ketika waktu lebaran tiba. Kue ini cukup memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan kue kering lainnya yang hampir sama saja bahan adonannya. Sebab, kue semprit ini terbuat dari adonan bahan seperti margarine, roombutter, gula tepung, kuning telur, vanili bubuk, dan tepung terigu secukupnya. Cukup berbeda dengan jenis kue kering lainnya yang banyak membutuhkan tepung terigu. Rasanya juga cukup menggoda lidah. Sebab tingkat kelumerannya yang tinggi ketika ia menyentuh lidah. Hmm… perlu dicoba ya, pembuatannya. Terutama untuk melengkapi sajian lebaran tahun ini.
  4. Nastar
    Nastar adalah jenis kue kering yang sangat booming dan disukai hampir semua orang. Kue kering jenis ini juga sangat terkenal dan hampir selalu disajikan di momen-momen besar. Seperti perayaan hari besar keagamaan, bahkan pada upacara pernikahan dan pertemuan keluarga. Berbahan dasar tepung terigu, margarine, telur dan isian dari selai nanas atau variasi lainnya, membuat Nastar juga memiliki cita rasa yang khas selayaknya kue kering lainnya.
  5. Choco Chips
    Choco chips sebenarnya merupakan singkatan dari chocolate Chips Cookie. Kue kering jenis ini paling disenangi oleh kalangan anak-anak dan remaja. Disebabkan bentuknya yang unik dan rasanya yang sangat klop di lidah anak. Saat ini, produsen yang membuat kue kering jenis ini juga sangat pandai berkreasi hingga bermunculanlah beragam jenis variasi kue kering jenis ini. Ada yang rasa cokelat susu, cokelat mint, kopi, dan rasa lainnya sesuai dengan keinginan pembuatnya.
  6. Lidah Kucing
    Namanya memang terbilang aneh. Perumpaan yang semakin menarik minat orang untuk mencicipi cita rasanya. Lidah kucing memang menarik. Sebab rasanya cukup khas dan sangat cocok untuk mereka yang menyukai rasa manis. Pembuatan Lidah kucing sendiri cukup menyita perhatian. Sebab Kue kering ini membutuhkan keuletan tersendiri dalam pembuatannya. Dengan bentuknya yang lonjong dan tipis, membuat kue kering ini sangat bersahabat untuk dinikmati dengan waktu yang santai. Untuk membuatnya, yang perlu diperhatikan adalah kekuatan api yang semestinya tidak terlalu tinggi. Atau lebih tepatnya, pangganglah lidah kucing ini di api sedang. Agar kue matang merata. Sebab, seringkali pinggiran kue sudah gosong, namun bagian tengahnya belum terlalu matang.
  7. Kue Keju
    Seperti namanya, kue ini memaksimalkan penggunaan keju untuk adonannya. Hal itulah yang menjadi pembeda antara dia dan kue kering jenis yang lainnya. Namun bentuk dari kue keju ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan membuatnya juga menggunakan cetakan kue yang kini sudah tersedia banyak ragamnya. Biasanya mereka yang menyukai cita rasa asin gurih khas keju, pasti akan menanti dan mencari kue jenis ini ketika lebaran tiba. Sebab kehadiran kue keju ini memang sangat mendominasi hidangan kue dikala lebaran.
Bagaimana? Kue jenis apa yang akan Anda persiapkan untuk keluarga dan kerabat tercinta? Apapun jenisnya, semoga bisa menambah keakraban di hari raya, ya. Selamat mencoba dan selamat menikmati.
Advertisement:
Judul : Kue Kering Hari Raya Lebaran 2013 Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle