2013-07-20
Oleh - Kang Salman

Sejuta Pesona Manis Tempat Wisata di Kudus

Sejuta Pesona Manis Tempat Wisata di Kudus
Advertisement:

Sejuta Pesona Manis Tempat Wisata di Kudus

Oleh : Christanty Putri Arty

Pernah mengalami sensasi tak terlupakan tatkala mengunjungi suatu tempat wisata yang menawarkan berbagai fasilitas keindahan alam serta budaya ataupun tempat bersejarah menarik lainnya semisal tempat wisata di Kudus. Disinilah, tempat wisata di Kabupaten Kudus bisa ditemukan berbagai kenyamanan berpadu padan menjadi satu. Selain bisa menapaki tempat-tempat unik dan menarik, para wisata domestik bisa dimanjakan dengan beragam hidangan kuliner khas daerah, serta adanya fasilitas tempat wisata religi yang tersebar khususnya kota yang terkenal religius dengan para santrinya.

tempat wisata di kabupaten kudus

Marilah kita telusuri bersama beragam tempat wisata di Kudus yang mempesona. Diantaranya tempat wisata di Kudus yang seringkali dijadikan tujuan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga seperti :
  1. Museum Kretek Kudus
    Simbol dari kota Kudus yang mayoritas penghasil rokok kretek.Dimana kita bisa mengerti asal mula sejarah dan industrial rokok kretek dirintis pertamanya. Museum yang terletak di Getas Pejaten Kudus ini juga sering dikunjungi pelajar sekolah juga. Di sekitar area Museum Kretek juga terdapat fasilitas rekreasi keluarga seperti Water Boom, Kolam Arus, Pemutaran film dokumenter, serta pameran rumah adat Kudus.
  2. Wisata Purbakala Pati Ayam Kudus
    Merupakan tempat wisata yang membuktikan daerah Kudus juga memiliki situs peninggalan jaman purbakala. Lokasinya di desa Terban, daerah perbukitan Gunung .
  3. Panorama Air Terjun Monthel
    Terkenal dengan airnya yang jernih obyek wisata ini berada di bagian utara makam Sunan Muria. Lokasi bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati sejumlah perkebunan kopi yang terbentang kurang lebih sekitar 1.5 km jika berangkat dari Pesanggrahan Colo. Membuat air terjun Monthel dengan ketinggian 50 meter ini ramai dipadati oleh pengunjung terutama para kawula mudanya.
  4. Menara Kudus
    Obyek wisata ini terletak strategis di pusat kota, tepatnya daerah alun-alun simpang tujuh Kudus. Menara Kudus dipandang memiliki nilai peninggalan bangunan bersejarah yang cukup tinggi. Tersohor karena adanya perpaduan akulturasi dari budaya masyarakat setempat dengan pengaruh agama Islam-Hindu pada masa itu. Konon bangunan tua berbentuk menara megah nan indah ini didirikan pada tahun 1685 Masehi oleh Syeh ja’far Shodiq.
Selain obyek dan beberapa tempat wisata menarik yang biasanya menjadi tujuan utama para pelancong, tentunya tidak kalah serunya jika berburu ke tempat wisata yang khusus menjajakan kuliner daerah yang tidak dijumpai didaerah lain. Selain rasanya yang enak dan terasa ekonomis di kantong. Wisata kuliner Kudus selalu menjadi incaran para wisata. Menjadi penasaran, silakan intip beberapa tempat yang selalu menjadi langganan para wisata yang sengaja datang ke kota Santri ini.

Mencicipi Wisata Kuliner di Kudus

• Soto Kudus
Beberapa wisatawan pastilah akan ketagihan bila sudah menyantap hidangan Soto Kudus ini. Selain disajikan secara unik, dengan porsi mangkok kecil nan imut, racikan Soto Kudus berbeda dengan aneka soto lainnya. Karena bahan Soto Kudus yang utama adalah memakai daging kerbau. Banyak pesohor terkenal seperti artis dan pejabat Negara menyempatkan mampir ke kedai Soto Kudus yang terkenal seperti Soto Kudus Pak Denuh ataupun Soto Karso Karsi yang terkenal turun-temurun.

• Pindang Kerbau
Hampir sama berbahan dasar seperti dalam Soto Kudus, namun cita rasa pindang kerbau dominan dengan rasa manis, gurih dan pedas. Cara penyajiannya juga tergolong unik yakni menggunakan angkringan, dan Pindang Kerbau siap disajikan diatas alas daun pisang. Menambah aroma Pindang kerbau kian nikmat. Angkringan Pindang Kerbau mudah dijumpai di sekitar Pujasera Simpang Tujuh Kudus, yang memang dikhususkan untuk area kuliner tradisional.

• Lentog Tanjung Kudus
Makanan yang diburu orang biasanya untuk sarapan pagi. Karena porsinya yang ringan terdiri atas lontong, irisan tahu dan tempe lalu disiram kuah seperti opor dan sayur nangka. Sajian kuliner ini banyak dijual di sekitar desa Tanjungkarang, Kudus. Oleh karena itu lentog yang ramai dikunjungi pada hari Minggu ini kerap disebut Lentog Tanjung.

• Garang Asem
Tidak ketinggalan pula kuliner khas Kudus yang hampir mirip bothok karena kemasannya dibungkus dengan daun pisang. Isi Garang Asam itu sendiri terdiri atas potongan daging ayam, berbaur dengan belimbing wuluh dan cabe rawit ijo kian menambah kesegaran kuliner tersebut yang didominasi rasa pedas dan gurih.

Setelah mengetahui beberapa kuliner yang seringkali disinggahi, biasanya para wisata tidak melewatkan kesempatan untuk berziarah juga di daerah Colo, tepatnya di makam Sunan Muria yang begitu dihormati keberadaannya. Selebihnya setelah menikmati semua fasilitas dan obyek tempat wisata di Kudus yang lengkap dan terjangkau harganya, para wisata juga menyempatkan diri membeli cinderamata. Biasanya yang sering dibeli adalah makanan khas daerah Kudus yang begitu terkenal seanterio. Yakni, Jenang Kudus Mubarok. Demikian informasi mengenai tempat wisata di Kudus. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Selamat berwisata.
Advertisement:
Judul : Sejuta Pesona Manis Tempat Wisata di Kudus Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle