Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan
Advertisement:
Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan
Kucoba.com - Berpuasa merupakan hal yang wajib dilakukan pada bulan ramadhan bagi umant muslim, namun kesehatanpun perlu kita jaga, Kebanyakan orang berharap menurunkan berat badan saat puasa. Padahal kenyataannya, ketika berpuasa metabolisme tubuh semakin lambat. Ini membuat proses penurunan berat badan semakin sulit dilakukan. Jangan khawatirkan berat badan, selama Anda bisa melewati Ramadan dengan tetap bugar.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus Anda terapkan selama Ramadan agar tetap sehat dan bugar:

1. Pilih makanan sehat saat berbuka
Ketika berbuka puasa, jangan mengonsumsi makanan yang tak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji. Makanan yang tinggi kalori hanya akan menyebabkan masalah dibanding memberikan manfaat. Makanan tinggi kalori hanya akan membuat Anda menjadi lebih lapar dan haus di malam hari. Untuk itu, pastikan selalu mengonsumsi makanan yang sehat saat berbuka.

2. Membatasi porsi makanan
Bukankah Ramadan berkaitan dengan mengontrol hawa nafsu? Maka jangan biarkan Anda ‘kalap’ ketika waktu berbuka telah tiba. Tetap jaga dan batasi porsi makanan Anda, baik ketika berbuka maupun sahur. Selain untuk menjaga berat badan, ini juga dilakukan agar Anda tetap bugar dan tak terlalu kekenyangan setelah berbuka.

3. Penuhi cairan tubuh
Berpuasa membuat orang mudah mengalami dehidrasi. Untuk itu jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup atau buah-buahan sehat yang mengandung banyak air. Dehidrasi bisa mengganggu puasa Anda karena ketika dehidrasi Anda bisa mengalami rasa pusing, sakit kepala, kram, dan lainnya.

4. Tetap rajin olahraga
Meski berpuasa, jangan bermalas-malasan untuk berolahraga. Tentu saja Anda tak perlu sampai berolahraga berat dan memaksa diri Anda sendiri, namun bergerak dengan aktif masih perlu untuk menjaga kebugaran. Anda bisa menambah jam olahraga sebelum sahur atau setelah berbuka.

5. Jangan melewatkan sahur
Sama hal dengan sarapan yang sangat penting, sahur juga sangat penting ketika Anda berpuasa. Makan sahur akan memberikan Anda energi untuk beraktivitas. Selain itu, pastikan menu sahur Anda bergizi dan bernutrisi.

Demikian Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Bulan Ramadhan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle