2013-07-22
Oleh - Fahnurul Atasih

Tips Sukses Hadapi Sidang Skripsi

Tips Sukses Hadapi Sidang Skripsi
Advertisement:
Tips Sukses Hadapi Sidang Skripsi - Kucoba.com - Bagi setiap mahasiswa tingkat akhir yang ingin lulus dan meraih gelar Sarjananya tentu harus melalui suatu fase yang disebut "SIDANG SKRIPSI" dimana fase ini merupakan langkah akhir yang harus ditempuh setiap mahasiswa untuk meraih kelulusannya.Sebagian besar mahasiswa yang akan menghadapi sidang skripsinya tentu akan mengalami perasaan seperti syndrome yang gejalanya bisa dilihat seperti perut mules, ingin minum terus, keringat dingin keluar, tidak enak duduk, panik, resah, gelisah dan masih banyak lagi yang lainnya bahkan mungkin mengalami insomnia sebelum hari H, namun syndrome ini bukanlah sesuatu yang berbahaya selama kita sebagai mahasiswa mampu mengatasinya dengan cara yang baik. Perasaan ini merupakan sesuatu yang wajar ketika kita ingin menghadapi suatu peristiwa yang penting bagi hidup kita, perasaan ini muncul karena sebenarnya kita ingin menampilkan yang terbaik bagi hidup kita. Lalu bagaimanakah sebenarnya kiat untuk menghadapi Sidang Skripsi agar berjalan lancar dan sukses? Kucoba.com mencoba berbagi tips mengenai bagaimana cara menghadapi Sidang Skripsi agar berjalan lancar.

Sidang Skripsi
  1. Kuasai materi presentasi dan materi pendukung Anda.Ini hal yang paling penting, dengan menguasai materi yang akan di presentasikan setidaknya Anda sudah setengah jalan menghadapi sidang. Dari bab awal sampai bab akhir, Anda harus paham. Tidak perlu dihapal, minimal Anda mengerti alur dari bab bab tersebut.Lalu pelajari pula materi-materi yang sekiranya berkaitan dengan Jurusan,Fakultas, dan pengetahuan umum Anda karena terkadang terdapat pula penguji yang ingin menguji tentang pemahaman Anda secara keseluruhan.
  2. Berusahalah terlihat Tenang walaupun hal inilah yang biasanya sulit dilakukan. Biasanya mahasiswa yang menjadi kandidat akan terkena sindrom yang lebih tinggi sesaat sebelum presentasi sidang. Tapi jika Anda sudah memenuhi poin 1, yaitu menguasai materi presentasi, Anda pasti bisa tenang pada waktu presentasi.
  3. Gunakan poin untuk bahan presentasi.Usahakan dalam slide presentasi tidak ada kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Buatlah poin-poin penting dari setiap materi presentasi sebagai bahan yang akan dipresentasikan, sehingga Anda tidak membaca slide presentasi tapi menjelaskan dari poin-poin tersebut.
  4. Perhatikanlah waktu presentasi.Perhatikan waktu yang diberikan, biasanya diberikan waktu 20-30 menit oleh penguji untuk mempresentasikan skripsi Anda. Gunakan waktu tersebut seefektif mungkin. Jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama.
  5. Berusalah mengontrol suara Anda.Usahakan suara Anda jangan terlalu keras dan juga terlalu pelan. Perhatikan kondisi ruangan, jika ruangan sidang besar, kondisikan suara Anda agar terdengar oleh penguji. Begitu juga jika ruangan sidang kecil, pastikan penguji dapat mendengar suara Anda dengan jelas.
  6. Perhatikanlah bahasa penyampaian.Dalam penyampaian presentasi, gunakanlah bahasa indonesia dengan ejaan yang sudah disempurnakan. Hindari pemilihan kata-kata diluar EYD, seperti kata-kata gaul yang biasa kita gunakan sehari-hari. Hal ini biasanya mempengaruhi penilaian.
  7. Perhatikanlah penampilan Anda.Usahakan penampilan Anda rapih dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dengan ini penguji pun akan merasa nyaman dengan Anda,setidaknya jika Anda berpenampilan baik itu bukti bahwa Anda menghargai diri Anda sendiri, pembimbing serta para penguji.
  8. Persiapkanlah perangkat pendukung.Sebaiknya persiapkan perangkat pendukung presentasi sebelum Anda presentasi. Cek dan ricek dan pastikan semua perangkatnya berjalan sebagaimana mestinya, seperti keadaan laptop Anda dan proyektor yang digunakan.
  9. Pahami gaya setiap penguji.Bertanyalah pada kakak-kakak senioryang sudah pernah menghadapi sidang. Tanyakan gaya penguji yang akan menjadi penguji Anda. Setiap penguji pasti mempunyai gaya tersendiri dalam pemahaman materi dan dalam memberikan pertanyaan. Pastikan Anda memahami karakter setiap penguji Anda. Hal ini membantu untuk persiapan nanti dalam menjawab pertanyaan penguji.
  10. Banyak berdoa dan meminta doa dari orang-orang terdekat kita.Jangan lupakan hal yang satu ini. Berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadapi sidang. Berusahalah sebaik mungkin dan serahkan semuanya kepada Tuhan.Percayalah bahwa ada Tuhan yang selalu bersama kita.
Itulah beberapa Tips yang bisa Kucoba.com bagi kepada Anda terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan mengahadapi Sidang Skripsinya. Penulis doakan semoga kalian mampu menghadapinya dengan sukses, bagi yang masih dalam proses penyusunan skripsi,teruslah berjuang jangan menyerah dan selalu berdoa.
Advertisement:
Judul : Tips Sukses Hadapi Sidang Skripsi Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle