2013-08-30
Oleh - Kang Salman

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan
Advertisement:

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Oleh : Christanty Putri Arty

tanda awal kehamilan , cara mengatahui tanda awal kehamilan
Siapa sih yang tidak girang dan bahagia bila mengetahui tanda awal kehamilan khususnya bagi pasutri yang sudah mendambakan momongan. Sebagai anugerah yang luar biasa merasakan sekaligus menantikan momen penting dalam sejarah kehidupan manusia. Jadi jika sang calon ibu sudah siap mental dan pikiran menjalankan amanah Allah SWT semuanya akan terasa dimudahkan tanpa merasakan beban sama sekali.

Nah sekarang bagaimana mengetahui tanda awal kehamilan yang sebenarnya pada kaum ibu. Tak jarang juga seorang wanita mengalami kebingungan ketika mengalami terlambat datang bulan, ternyata bukanlah gejala mutlak ikhwal kehamilan. Sebaliknya ada juga seorang yang menganggap sedang mengalami gejala datang bulan kemungkinan itu juga pertanda datang kehamilan.

Wah sungguh merepotkan juga, jika tidak bisa jeli membedakan antara gejala awal datangnya tanda awal kehamilan dengan gejaka datangnya PMS pada wanita. Karena perbedaan keduanya sangat tipis dan hampir dikatakan mirip keluhan sakitnya. Seperti mengalami rasa pusing, tubuh lemas dan perut terasa melilit. Ahli kebidanan dan kandunganan dari Ohio State University, bernama Melissa Goist , M.D menyatakan seorang yang mengalami pembuahan, dalam tubuhnya langsung memproduksi sejumlah hormon kehamilan. Inilah yang memicu beberapa reaksi perubahan yang terjadi pada kondisi fisik seseorang, bahkan sebelum kehamilan yang ada terdeteksi oleh alat test pack ringan.

Berikut ini perihal gejala-gejala yang menandai awal dari kehamilan diantaranya meliputi, seperti :

  • Pembengkakan pada payudara
    Biasanya area payudara tepatnya daerah areola puting warnanya lebih gelap menonjol dari biasanya. Sehingga pemakaian bra terasa kurang nyaman, karena keadaan payudara yang membesar terasa nyeri jika tersentuh tanpa sengaja.

  • Perasaan mual tiba-tiba
    Inilah keadaan kerap disebut morning sickness. Karena dalam tubuh terdapat perasaan mual yang memuncak dan terasa pahit di ujung tenggorokan. Rasa mual yang timbul bisa dipicu oleh beragam hal semisal membaui aroma yang tajam.

  • Tubuh menjadi mudah capek
    Seiring kehamilan datang membuat ritme kondisi tubuh dalam beraktifitas mengalami perubahan. Semisalnya dulu mampu membaca beberapa halaman majalah sebelum tidur, namun sekarang satu halaman pun tak sanggup membaca kelar.

  • Mengalami pusing kepala
    Keluhan akan rasa pusing yang menjakiti kepala terasa menyiksa. Kepala terasa berdenyut-denyut sakit dan berasa ingin rebahan. Jika memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda sakit kepala pilih yang aman untuk ibu yang hamil.

  • Mengalami sensitive pada bau
    Adakalanya seorang wanita yang mengalami gejala hamil bisa berubah antipati pada aroma bau tertentu. Semisalnya membaui aroma wangi yang berlebihan bisa menyebabkan rasa sensitif yang menyiksa diri.

  • Kerap berkemih
    Frekuensi untuk buang air kecil atau berkemih lebih sering pada malam hari.

  • Perut terasa kram
    Merasa gejala kram dan perut jadi kembung, seperti gejala saat mendapati datang bulan.

  • awaan menolak makanan tertentu (Ngidam)
    Gejala yang kentara pada ibu hamil demi mengurangi rasa eneg/mual terpaksa mencari alternatif makanan yang bikin segar. Masa ini yang sering diartikan dengan ngidam.

  • Susah buang air
    Seringkali ibu yang hamil merasakan susah buang air besar. Seolah-olah perut terasa buncit dan seolah sesak ketika memakai celana.

  • Terdapat bercak vlek
    Keadaan seperti ini memang terjadi pada awal mula berupa vlek berwarna coklat sedikit dan terjadi sesekali.

  • Punggung pegal
    Perubahan baru ketika mendapat hormoe kehamilan adalah merasakan sakit punggung di bagian bawah, yang akan berlangsung sehingga saat kelahiran nanti jika memang terjadi kehamilan.

  • Adanya peningkatan suhu tubuh
    Ibu yang mengalami gejala hamil merasa suhu tubuhnya sedikit naik saat bangun tidur dan akan meningkat lagi menjadi 37 hingga 38°C ketika terjadi ovulasi.

  • Perubaahan Mood Mendadak
    Adanya perubahaan mood yang tiba-tiba menjadikan emosional ibu hamil sering berubah dratis. Kadang suka marah dan menangis tanpa alasan

Demikian tanda awal kehamilan yang sering terjadi. Untuk memastikan secara yakin tentunya harus menjalani serangkaian pemeriksaan USG. Lewat rekam komputer USG bisa memperlihatkan titik-titik kecil yang disebut embrio cikal bakal janin yang terus bergerak-gerak di dalam kantung rahim. Semoga informasi tentang gejala awal kehamilan bisa sepenuhnya bermanfaat. Selamat menikmati masa-masa kehamilan.
Advertisement:
Judul : Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle