Tips Agar Tidak Mengantuk di Perjalanan Mudik
Advertisement:

Tips Agar Tidak Mengantuk di Perjalanan Mudik

Oleh : Christanty Putri Arty

Tips agar tidak mengantuk di perjalananTips agar tidak mengantuk di perjalanan mudik mungkin akan menjadi acuan paling baik untuk saat ini. Apalagi bertepatan dengan acara mudik menjelang hari raya Idul Fitri nanti. Pastilah banyak orang berbondong-bondong menyiapkan keperluannya agar bisa merayakan hari kemenangan sekaligus bersilahturahmi ke daerah kampung halamannya. Acara ritual yang selalu dilakukan setahun sekali ini bakalan membuat perjalanan mudik harus ditempuh di berbagai rute seperti darat.

Selama ini berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi, banyak musibah kecelakaan yang terjadi diakibatkan sebagian besar faktor pengemudi mengantuk. Kelelahan yang berlebih akibat kondisi jalanan macet ditambah dengan volume padat kendaraan mendorong situasi tubuh yang mudah lelah dan mengantuk. Untuk itu lebih baik sebagai pengguna jalan yang baik bisa menyikapi sejak awal. Salah satunya dengan menerapkan tips agar tidak mengantuk di perjalan. Berikut tips yang bisa dimanfaatkan, yaitu :

1. Terus berdoa
Usaha baik yang bisa dikerjakan setiap waktu adalah dengan memanjatkan doa untuk keselamatan perjalanan sampai tujuan.

2. Beristirahat sejenak
Untuk menjaga agar kondisi tubuh tidak jatuh sakit karena kelelahan, sebaiknya jangan memaksakan diri meneruskan perjalanan. Tepikan mobil sebentar agar bisa beristirahat dengan nyaman. Dengan beristirahat otot-otot tubuh yang terasa pegal dan kaku bisa menjadi relaks. Menjadikan kondisi tubuh segar bugar dan fit kembali meneruskan perjalanan mudik.

3. Bukalah kaca
Jika anda melakukan perjalanan mudik memakai kendaraan bermotor,bukalah kaca helm agar mendapatkan udara segar. Karena udara dalam helm yang pengap dan terasa hangat bisa menimbulkan rasa kantuk. Sementara yang memilih mudik dengan mobil juga bisa lebih waspada dengan sesekali membuka kaca jendela, ketika menepikan mobil ke tempat yang lebih nyaman. Agar sesekali mendapat pergantian udara dalam mobil. Cara seperti ini dipercaya bisa menghalau rasa kantuk karena menghirup udara terbuka.

4. Mengajak seorang untuk menemani ngobrol
Suasana yang lenggang sunyi dalam perjalanan pastilah mengakibatkan rasa bosan. Untuk menepis rasa kejemuan dan suasana mengantuk bisa mengajak seseorang untuk berbicara /ngobrol secara intensif. Namun tetap harus waspada dan harus mampu menjaga konsentrasi dalam mengemudi. Jangan sampai terlalu keasyikan mengobrol panjang lebar, sampai tidak memperhatikan keselamatan jalan raya.

5. Melakukan kegiatan lain untuk menstimulasi pikiran
Duduk mengendari mobil selama perjalanan terkadang membuat kaku pikiran karena pekerjaan yang monoton. Orang yang merasakan sesuatu yang monoton bisa menurunkan tingkat kewaspadaan. Oleh sebab itu coba selingi dengan melakukan kegiatan yang berbeda seperti mampir untuk sembahyang, istirahat sebentar untuk makan, minum atau pergi ke kamar kecil. Atau bisa juga bersenandung lagu-lagu yang gembira dan bersemangat.

6. Mengunyah permen
Ternyata dengan mengunyah permen seperti permen karet bisa meningkatkan titik fokus konnsentrasi menjadi lebih baik. Dikarenakan adanya gerakan otot mulut disertai adanya kepuasan tersendiri dalam menikmati permen karet. Setidaknya persiapkan dalam kantong tas anda beberapa permen ketika melakukan perjalanan mudik.

7. Mengatur irama pernafasan
Dengan kebiasaan seperti menarik nafas secara perlahan lalu menghembuskannya keluar dipercaya juga mampu meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Sehingga membuat irama detak jantung perlahan, bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan peredaran dalam tubuh yang memunculkan tenaga dan kekuatan yang stabil.

8. Minumlah air putih sebanyaknya
Penyebab tubuh mudah cepat lemas dan capek adalah kekurangan zat cair. Atau orang mengenalnya dengan istilah dehidrasi. Karena itu dalam mempersiapkan perjalan mudik yang aman dan menyehatkan konsumsilah terlebih dahulu makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buah maupun sayuran.

9. Buat jadwal istirahat secara teratur
Tujuannya membuat jadwal sebelum perjalanan mudik adalah menyiapkan stamina tubuh yang prima. Dengan merencanakan dan penuh kedisiplinan menaati jadwal istirahat membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan bugar di jalan.

Demikian sekelumit tulisan mengenai tips agar tidak mengantuk di perjalanan mudik yang patut Anda ketahui terlebih dahulu. Alangkah lebih baiknya kita melakukan persiapan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bukan ? Tentunya mengutamakan barang keselamatan lebih utama. Semoga tips ini bisa bermanfaat. Selamat bersiap melakukan perjalanan mudik dan selamat sampai di tujuan.
Advertisement:
Judul : Tips Agar Tidak Mengantuk di Perjalanan Mudik Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle