Tips Bagaimana Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu
Advertisement:

Tips Bagaimana Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu

Oleh : Christanty Putri Arty

Kucoba.com - Seiring kemajuan jaman orang semakin pandai membedakan jaket kulit asli dan palsu berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Sehingga umumnya mereka tidak mudah dikelabui lagi, dengan harga dan kualitas yang tidak sebanding. Orang banyak yang gemar memakai jaket kulit karena memberikan tampilan yang gagah dan elegan. Sehingga jaket kulit terus menjadi incaran dan mereka pun siap merogoh kocek seberapun besar harganya asalkan mendapat jaket kulit pilihan hati.

Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu

Gara-gara itulah beberapa pedagang yang nakal dan ingin meraup keuntungan yang tinggi juga menjual jaket kulit bukan kulit atau palsu. Hingga antara jaket kulit serta jaket imitasi yang banyak beredar di pasaran harus memaksa para konsumen untuk jeli dan teliti dalam membeli jika tidak mau merugi. Dalam artikel ini akan dibahas tips bagaimana membedakan jaket yang berasal dari kulit asli dan manakah yang hanya sebagai imitasi saja. Banyak sekali petunjuk yang bisa diperhatikan ketika akan memilih jaket kulit.

Umumnya jaket kulit yang terbuat dari kulit domba asli akan memiliki motif tersendiri. Biasanya tektur jaket kulit khas seperti tekturnya terasa elegan dan eksotis. Itu artinya konsumen tidak akan mendapatkan tekstur yang sama pada jaket kulit yang lain. Sebab tiap-tiap bahan kulit itu sendiri mempunyai tekstur yang khas. Itulah mengapa keistimewaan akan khas kulit yang dijadikan bahan utama pembuatan jaket. Menciptakan jaket kulit tampak menjadi balutan eksklusif.

Selain dari bahan yang bisa membedakan antara jaket kulit asli dan imitasi pula adalah daya tahan produk jaket kulit juga. Menilik dari daya tahan jaket kulit asli yang begitu sangat tinggi daripada daya tahan jaket kulit imitasi. Ada slogan lama ada harga pasti ada rupa. Artinyaa, jika mau memiliki barang yang berkualitas bagus tentunya akan sebanding dengan harga yang relative lebih mahal. Apalagi kita tahu bahwa harga jaket kulit asli memang lebih mahal.

Dari sini konsumen bisa belajar membedakan beragam jenis kulit terdiri dari beberapa tingkatan. Dipastikan kualitas terbaik adalah kualitas kulit pertama yakni dari kulit domba yang sengaja dipilih sebagai bahan baku utama pembuatan jaket kulit.

Bahan Jaket kulit domba
Jaket kulit domba asli Garut ternyata memiliki ciri khas seperti warna yang menyolok terang, tidak berbau dan terasa lentur. Jika jaket kulit asli ini jadi akan terasa nyaman dipakai di badan. Tidak terasa kaku dan kasar. Dikarenakan dalam bahan kulit domba memiliki pori-pori kecil yang sama pada kulit manusia. (mengeceknya bisa menarik jaket kulit dengaan 2 tangan bersamaan). Sudah lama kulit domba dijadikan bahan baku pembuatan jaket kulit karena domba Garut memiliki ukuran yang besar dibandingkan kulit kambing.

Bahan Jaket kulit kambing
Beda dengan kulit domba, kalau kulit kambing memiliki tekstur warna kusam dan kurang lentur. Pori-pori agak besar dan memiliki aroma yang khas.Bila sudah jadi jaket biasanya akan dalam model maupun potongan yang banyak terdapat jahitan. Karena bahan jaket kulit domba tidaak begitu besar

Bahan Jaket kulit
Hampir sama dengan bahan dari kulit kambing memiliki warna agak kusam dan terasa kaku. Dengan pori-pori yang besar dan ada garis memanjang. Sehingga kurang bagus mutunya untuk dijadikan bahan pembuat jaket kulit.

Untuk lebih jelasnya, marilah mempelajari ciri-ciri mengenai jaket kulit asli dan palsu. Jika kita mau jeli dan waspada melihat ada beberapa ciri yang bisa dikenali sebagai berikut :

Ciri pada jaket kulit asli
  • Sifatnya lentur
  • Warnanya jaket cerah
  • Jaket kulit terasa nyaman dipakai
  • Jaket kulit memiliki aroma wangi yang khas dan motif khusus
  • Jaket kulit memiliki tekstur yang elegan dan eksostis
  • Memiliki daya tahan yang awet tidak mudah rusak
  • Jaket kulit susah terbakar

Sedangkan dibandingkan dengan jaket kulit palsu atau imitasi akan memiliki ciri seperti
  • Kulit imitasi terasa lengket jika diraba
  • Pada bahan kulit imitasi akan tercium bau Vinyl
  • Daya tahan yang rendah dan rentan robek
  • Mudah terbakar dan akan mengkerut-kerut jadinya

Berikut ada tips ringan jika hendak membeli jaket kulit asli :
  1. Usahakan lebih teliti dan jeli melihat permukaan jaket kulit asli biasa tidak rata dikarenakan pori-pori kulit yang juga tidak beraturan. Sedangkan yang imitasi karena terbuat dari bahan vinyl diproduksi dengan mesinn cenderung semua permukaannya sama.
  2. Mengenali aroma khasnya, kalau jaket kulit asli wangi dengan bau seperti bahan penyamaknya sedangkan yang imitsi seperti bau obat kimia polimer.
  3. Melihat harga jaket kulit umumnya yang imitasi bernilai sekitar 800ribu ke bawah sedangkan harga kulit jaket asli mencapai satu juta lebih berdasarkan mutu bahan baku yang dipakai.
Demikian cara sederhana bagaimana membedakan jaket kulit asli dan palsu yang beredar di pasaran. Semoga bisa bermanfaat nantinya.
Advertisement:
Judul : Tips Bagaimana Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle