2013-09-15
Oleh - Kang Salman

Cara Membuat Nasi Uduk

Cara Membuat Nasi Uduk
Advertisement:
Cara Membuat Nasi Uduk - Kucoba.com, Tentunya semua orang berharap bisa tahu cara membuat nasi uduk yang nikmat dan praktis. Karena nasi uduk merupakan sarapan pagi yang mudah disantap dan terasa cukup mengenyangkan. Porsi nasi uduk yang simple berbaur cita rasa yang gurih nan lezat bakal membuat lidah siapa saja ketagihan.

Oleh : Christanty Putri Arty

Nasi uduk memang dikenal sebagai makanan khas ala Betawi. Banyak penjual makanan di pagi hari yang khusus menjajakan menu nasi uduk terutama bagi para pekerja kantor, pabrik bahkan anak sekolah. Karena santapan kuliner ini dikenal praktis dan simple untuk langsung cepat dikonsumsi. Selain rasanya yang mantap dan nendang sekali.

Sebenarnya nasi uduk juga tidak jauh berbeda dengan nasi kuning di daerah lain. Cuma yang membedakan adalah warna pada nasinya. Kalau nasi uduk sendiri tidak berwarna, seperti pada umumnya nasi. Sedangkan nasi kuning yang seringkali dipakai sebagai tumpengan berwarna kuning. Zat warna kuning nasi itu diperoleh dari temu kunir.

Mari sekarang lebih menelusuri tentang bagaimana cara membuat nasi uduk yang tersohor seantereo Jakarta. Jika tidak ingin terlalu repot di pagi hari mencari jenis makanan ini, sudah saatnya Anda bisa mempelajari cara membuat nasi uduk dengan mudah . Berikut ada resep sederhana dan mudah dalam membuat nasi uduk khas Betawi asli. Anda bisa memulai mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan langsung segera mempraktekkan bersama keluarga tercinta.

Resep membuat nasi uduk yang terkenal enak,
Bahan-bahan dalam membuat nasi uduk
  • Siapkan 1 ukuran takaran beras
  • Sediakan 2 gelas air santan
  • Keprek 2 batang serai
  • Siapkan 2 iris jahe
  • 2 lembar daun salam, buang tulang daunnya
  • 2 lembar daun pandan, disobek-sobek lalu diikat
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Nasi Uduk
  1. Cucilah beras terlebih dulu,ditiriskan.
  2. Setelah itu masak beras setengah matang sekitar 25 menit lamanya. Sisihkan
  3. Masukkan santan bersama bahan rempah-rempah yang sudah dikeprek dengan api sedang hingga matang. Perbandingan air santan dan beras adalah 2 : 1, ini bisa menjadi acuan jika ingin memasak nasi uduk dalam jumlah besar.
  4. Tunggu sehingga santan benar-benar mendidih, baru tuangkan beras sampai kurang lebih 1 ruas jari di atas beras,
  5. Gunakan api kecil, sampai menunggu air santan terserap habis dalam beras.
  6. Kukuslah beras tersebut dalam panci kukus atau rice cooker maupun microwave. Tunggu setengah jam agar bumbu nasi uduk meresap dan jadi pulen.
  7. Segera sajikan nasi uduk setelah matang.
  8. Agar menambah aroma nasi uduk menjadi lebih harum, taburi dengan bawang goreng sesuai selera.
Biasanya nasi uduk akan terasa lebih istimewa jika dilengkapi dengan lauk-pauk tambahan. Seperti tempe dan tahu goreng, abon, teri goreng, telur asin, kacang goreng, emping goreng, perkedel, empal daging, ayam goreng, ataupun bisa menambahkan telur dadar yang diiris tipis-tipis. Berikut juga irisan cabe merah jika menginginkan sensasi rasa pedas dalam makanan. Dimana cita rasa kulineder nasi uduk kian terasa lebih menendang dan membikin orang pasti ketagihan

Ada juga bahan tambahan lainnya yang cukup populer disandingkan dengan nasi uduk yakni sambal kacang. Cara pembuatan sambal kacang ini juga sangat mudah, hanya mencmpurkan semua bahan sambal kacang, kemudian dihaluskan, lalu beri air sedikit demi sedikit sampai cukup kental. Adapun bahan sambal kacang meliputi diantaranya

Bahan sambal kacang :
• 1 ons kacang tanah tanpa kulit, di goreng dulu
• 9 buah cabe rawit (kalau suka rasa pedas)
• 1 buah cabe merah
• 2 siung bawang putih
• 1 sdt garam, bisa ditambah penyedap rasa
• 1 sdt cuka
• 1sdm gula pasir
• 150 ml air matang

Demikian uraian resep sederhana cara membuat nasi uduk yang begitu banyak diminati semua orang. Kini anda tidak perlu lagi bingung dalam menyiapkan sarapan untuk keluarga tercinta. Dengan mencoba langsung resep cara membuat nasi uduk anda bisa berpeluang menciptakan nasi uduk yang enak dan gurih. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Cara Membuat Nasi Uduk Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle