2013-09-03
Oleh - Kang Salman

Cara Mendapatkan KUR Dengan Mudah

Cara Mendapatkan KUR Dengan Mudah
Advertisement:

Bagaimana Cara Mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Dengan Mudah ?

Oleh : Christanty Putri Arty

cara mendapatkan kur dari pemerintah
Masih banyak pelaku atau pedagang usaha kecil bingung mencari jalan bagaimana cara mendapatkan KUR dengan mudah ? Pedagang kecil memang sangat membutuhkan suntikkan dana dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan maju. Tentunya sokongan dana sebagai bentuk perhatian pemerintah akan dukungan terhadap dunia wiraswasta akan memberikan angin segar dalam laju ekonomi sekarang ini.

Dari pemerintah sendiri sudah mencanangkan program kredit usaha rakyat (KUR) ditujukan khusus untuk pelaku usaha mikro kecil serta menengah (UMKM) yang kesulitan mendapatkan dana pinjaman dari perbankan. Dengan adanya KUR dimungkinkan fasililitas kemudahan untuk pelaku usaha juga dijanjikan dengan ketentuan serta kriteria pengajuan yang mudah.

Menurut Syarief Hasan selaku menteri koperasi serta usaha kecil menengah menerangkan beberapa faktor penting maupun syarat yang harus dipenuhi calon yang berminat mendapatkan KUR. Kriteria yang mencakup syarat tersebut adalah :
  • Memiliki usaha yang jelas dengan artian suatu usaha yang dinilai layak untuk mendapatkan bantuan pinjaman dana.
  • Keterangan seperti domisili dari pemilik usaha disertakan dengan lengkap
  • Bisa menjamin tentang pengembalian pinjaman atau cicilan angsuran dengan jelas
Disamping itu ada kebijakan pemerintah lainnya yakni memberikan bunga yang terjangkau untuk mendapat kredit usaha rakyat . Terbukti pemerintah benar-benar menunjukkan kesungguhannya seperti menurunkan bunga kredit usaha rakyat hingga 50% di tahun 2013 ini. Yang semula bunga berkisar sebesar 13% - 15% diturunkan menjadi bunga KUR 6,84% seketika itu, kemudian untuk bunga kredit usaha rakyat mikro telah ditetapkan menhadi 11,4% dari besar bunganya yang mencapaia 22%-24%.

Adanya pertimbangan dan kajian yang telah dilakukan mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berhubungan dengan pemberian fasilitas pinjaman untuk para pengusaha mikro. Fasilitas inilah yang sering disebut dengan krediit usaha rakyat. Untuk itu pemerintah merangkul badan lainnya terutama kalangan industry perbankan seperti bank pemerintahan maupun milik swasta untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan usaha pengusaha mikro di Indonesia.

Bank milik pemerintah yang dikhususkan fokus dalam memberikan pinjaman modal bagi kalangan mikro salah satunya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. BRI sangat antusias dan mendukung penuh kebijakan fasilitas mengenai program KUR. Kredit usaha rakyat ini bisa diperoleh dalam bentuk kredit modal kerja dan bisa juga kredit investasi kecil kepada semua pelaku usaha mikro yang masih mengelola usahanya dengan produktif. Dengan begitu akan lebih dipercaya memperoleh penjaminan dari perusahaan penjamin.Adapun plafon pinjaman yang ditawarkan maksimal sampai sebesar Rp. 20 juta dengan perhitungan suku bunga efektif maksimal 22% per tahun. Sedangkan jangka waktu pengembalian kredit modal kerja adalah maksimal 3 tahun dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi.

Jika anda berminat tentang bagaimana cara mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR), tinggal mengajukan saja permohonan pinjaman dana terhadap bank-bank yang memang sudah ditunjuk pelaksanaannya oleh pemerintah. Adapun besaran pinjaman modal kredit usaha yang akan disalurkan masing-masing bank berbeda tergantung pada sumber jatah dana yang diperoleh dari pemerintah.

Sebaiknya Anda juga mengetahui garis besarnya mendapatkan KUR pada umumnya meliputi hal sebagai berikut :
  • Biasanya program pemberian dana KUR dengan nilai dibawah Rp. 5 juta dengan sistem penjaminan oleh pemerintah dengan sejumlah coverage penjaminan sebesar 70%. Plafon kreditnya adalah lembaga penjaminan terpercaya seperti PT Askrindo.
  • Pihak bank penyalur kredit usaha rakyat adalah bank yang telah ditunjuk semisal : bank BRI, Bank Mandiri ataupun Bank BTN.
  • Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan seperti:
    1. Memiliki KTP/SIM dan Kartu Keluarga
    2. Adanya legalitas usaha seperti akte pendirian dan akte perubahan
    3. Memiliki laporan keuangan yang baik dan sehat
    4. Memiliki copian bukti jaminan
    5. Adanya bukti perijinan usaha seperti SIUP, TDP, dan surat keterangan domisili
  • Sebaiknya tidak sedang menerima pembiayaan/program kredit dari pemerintah
Nah jika anda ingin meraih kesempatan bagaimana cara mendapatkan KUR yang mudah dan terpercaya, bisa memanfaatkan informasi dalam artikel ini. Semoga sukses dalam mengembangkan usahanya.
Advertisement:
Judul : Cara Mendapatkan KUR Dengan Mudah Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle