2013-09-29
Oleh - Kang Salman

Khasiat Daun Semanggi dan Manfaat Kesehatan

Khasiat Daun Semanggi dan Manfaat Kesehatan
Advertisement:
Daun SemanggiKucoba.com, Khasiat Daun Semanggi - Daun semanggi merupakan jenis tumbuhan paku air ( salvinialis ) dari spesies marsiela, tumbuhan ini sangat mudah diperoleh di Indonesia, biasanya tanaman ini dapat ditemukan di tepi saluran irigasi sawah ataupun di pematang sawah. Tumbuhan dengan spesies ini memiliki bentuk yang khas seperti payung yang tersusun dari empat anak daun yang posisinya berhadapan,, di dalamnya terkandung beberapa zat yaitu minyak atsiri, zat samak, dan saponin. Yang mana semua anggotanya memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin.

Di daerah Surabaya, daun tumbuhan ini sering diolah menjadi bahan makanan yang biasa dikenal dengan pecel semanggi. Tak banyak yang tau bahwa tumbuhan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Sebab di dalam tumbuhan ini mengandung isoflavon yang mengandung hormone estrogen. Hal ini jika dikonsumsi secara teratur akan mengurangi gejala klinis yang akan muncul sebelum dan saat masuk tahap menopause dan akan meningkatkan kualitas tulang untuk terhindar dari osteoporosis.

Tumbuhan ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat. Daun yang memiliki empat helai dan bernama latin trifolium repens ini disebut dengan four leaf clover. Daun four leaf clover dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi yang bisa menemukannya, menurut legenda ada yang mengatakan jika seorang wanita menggantungkan four leaf clover di depan pintu rumahnya dan ada pria yang datang atas dasar kemauan sendiri kerumah wanita tersebut dipercaya pria itu adalah jodohnya dan akan menjadi suaminya.

Sehingga dapat disimpulkan bahawa tanaman four leaf clover ini merupakan daun unik yang langka. Dengan tingkat kelangkaan untuk menemukannya 1:10.000. Kalau kita perhatikan daun ini memiliki kombinasi karakter warna hijau yang memiliki bercak hitam di pinggirnya, Dimana kondisi helai daun keempat lebih kecil dari daun lainnya.

Di Irlandia four leaf clover dijadikan sebagai lambang khas yang disebut dengan shamrock. Penduduk Irlandia ini percaya dengan legenda four leaf clover yang akan membawa hal baik dan keberuntungan untuk mereka. Sehingga jika mereka menemukan daun ini , maka mereka akan menjaganya dengan baik.

Masing – masing dari helai daun ini memiliki lambang tersendiri :
  1. Daun pertama melambangkan akan merasakan leindahan kisah cinta yang akan selalu jadi miliknya, cinta itu bisa terjadi antara dia dan kekasihnya , sahabat, keluarga dan juga terhadap dirinya sendiri.
  2. Daun kedua adalah dipercaya akan selalu mendapatkan kesehatan dan umur panjang.
  3. Daun ketiga dipercaya akan mendapatkan kemenangan dan kejayaan dalam hidupnya.
  4. Daun keempat dipercaya mendapatkan kekayaan yang lebih.

Khasiat dan cara untuk mengolah daun semanggi sebenarnya sangat mudah dilakukan. Yang pertama untuk sakit pengecilan hati. Daun yang masih segar disiapkan sebanyak 50 gram kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu siapkan air 3 gelas dan rebus ramuan tersebut sampai menyisakan satu gelas saja. Kemudian minum ramuan tersebut sekaligus. Kedua, untuk sakit amandel. Daun yang segar sebanyak 50 gram disiapkan, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai dengan mendidih kemudian pakai air ramuan yang masih hangat itu untuk berkumur – kumur.

Yang ketiga untuk infeksi saluran kencing. Siapkan daun sebanyak 50 gram yang masih segar, kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga berkurang menjadi satu gelas saja, ramuan ini dibuat untuk sekali minum saja. Yang keempat, untuk kencing tidak lancar. Daun yang segar sebanyak 30 gram disiapkan, kemudian cuci sampai bersih, dan direbus dengan 3 gelas air sampai airnya berkurang menjadi satu gelas. Setelahnya, saring dan diambil airnya saja, Anda bisa menambahkan gula pasir 30 gram untuk menyedapkan ramuan ini. Minum satu kali sehari.

Yang kelima, untuk batuk dan sesak nafas. S ebanyak 17 gram daun yang segar disiapkan, kemudian dicuci sampai bersih. Rebus daun dengan 3 gelas air dan sisakan menjadi 1 gelas saja. Saring dan ambil airnya. Tunggu sampai dingin dan ramuan bisa di minum satu kali sehari. Yang keenam, untuk sariawan. Sebanyak 50 gram daun segar disiapkan dan dicuci sampai bersih. Kemudian daun tersebut di tumbuk dan tambahkan air sedikit. Peras dan ambil airnya kemudian minum air perasan tersebut. Semoga informasi mengenai khasiat daun semanggi bermanfaat.
Advertisement:
Judul : Khasiat Daun Semanggi dan Manfaat Kesehatan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle