2013-09-22
Oleh - Kang Salman

Tips Cepat Mengatasi Sakit Kepala

Tips Cepat Mengatasi Sakit Kepala
Advertisement:

Tips Cepat Mengatasi Sakit Kepala

Oleh : Christanty Putri Arty

cara cepat mengatasi sakit kepala
Mungkin tips cepat mengatasi sakit kepala akan sangat membantu bagi para penderita yang rentan sakit kepala seperti migrain, atau pusing karena gejala penyakit seperti demam flu. Kondisi sakit kepala yang terkadang disertai dengingan ataupun badan yang mudah lesu akan mengakibatkan kondisi tubuh kurang prima. Dan tentunya bisa mempengaruhi aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Umumnya sakit kepala terasa menyerang di sekitar kepala, bisa juga dibagian belakang leher juga punggung bagian atas. Dalam istilah medisnya sakit kepala (cephalalgia) sekilas bukan masalah yang membahayakan, namun kondisi sakit ini sangat menganggu aktivitas kerja.

Sebagian besar orang yang menderita sakit kepala biasanya akan meredam gejala sakit yang dialami dengan berbagai cara. Diantaranya sengaja minum obat pereda kepala yang pening. Sementara itu juga ada yang berusaha meminimalisir penggunaan obat-obatan yang ditengarai banyak mengandung bahan kimia yang bisa menjadi zat radikal bagi tubuh.

Berikut ini dalam artikel ini mengupas cara yang ringan berupa tips cepat mengatasi sakit kepala yang kemungkinan akan membantu meredakan beban sakit kepala.

1. Melatih pernafasan
Dengan sering terlatihnya otak mengatur sistem pernafasan yang baik, seperti olah pernafasan dalam sekiranya akan membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

2. Perbanyak minum air putih
Sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi air putih kuranglebih 8 gelas perhari. Dipercaya bisa melarutkan zat-zat beracun dalam tubuh yang terkadang bisa menjadi penghambat pertumbuhan sel tubuh. Selain itu kekurangan air juga bisa menyebabkan dehidrasi pemicu sakit kepala. Namun dengan campuran resep elektroloit seperti air, gula, garam, lemon bisa membantu meredakan sakit.

3. Berolahraga secara teratur
Jika tidak memiliki waktu cukup berolahraga, bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau bersepeda biasa. Asalkan bisa mengeluarkan keringat dan meredakan nyeri kepala.

4. Melakukan Message ringan
Bila rasa nyeri atau sakit kepala terlanjur menjalar, anda bisa saja mengoles pelipis, leher, punggung, bahu, dan kepala dengan obat gosok seperti minyak kayu putih. Pijatan ringan berbalur minyak kayu putih yang menimbulkan sensasi hangat dipercaya meredakan sakit kepala sementara.

5. Relaksasi tubuh dengan peregangan
Terlalu lama duduk atau sebaliknya dalam bekerja, atau memandangi layar monitor terus menerus akan membuat otot-otot tubuh tegang yang bisa memicu rasa nyeri dan sakit kepala. Ada baiknya otot tubuh direlaksasikan bisa dengan meregangkan tubuh beberapa menit. Semisal berdiri dan menggerak-gerakan anggota tubuh yang kaku atau tegang. Bisa juga melakukan jinjit-jinjit kaki yang akhirnya melemaskan otot kaki.

6. Mengurangi zat makanan tertentu
Ahli kesehatan menghimbau bagi para penderita sakit kepala sebaiknya mengurangi zat-zat yang bisa menimbulkan efek sakit, diantaranya zat nitrat maupun nitrit dalam berbagai makanan olahan dan juga penambah rasa seperti MSG.

7. Batasi minum berkafein
Lebih baik membatasi minuman yang mengandung bahan beralkohol, kafein dan phenylethylamine biasanya ditemukan dalam coklat, keju. Zat pemanis (aspartame) dan tiramin yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan daging fermentasi dipercaya dapat memicu sakit kepala.

8. Berlatih YOGA
Ternyata pelatihan yoga seperti pemusatan pikiran dan konsentrasi bisa membantu memulihkan kebugaran tubuh. Dipercaya bisa membuat terapi kesembuhan sakit kepala.

9. Atasi dengan minuman hangat
Minum jahe hangat terbukti bisa meredakan sakit kepala. Khasiat jahe yang beragam sebagai obat untuk berbagai penyakit seperti mual, batuk dan sakit kepala. Dikarenakan akar jahe mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti histamine. Jadi tinggal menyeduh air hangat bisa membantu meredakan.

10. Terapi panas dingin
Dipercaya bisa meredakan sakit kepala. Apalagi sekarang tersedia fasilitas bantal penghangat yang bisa melemaskan syarat otot pada bagian tubuh yang sakit.

11. Konsumsi makanan laut
Anjuran baik jika seseorang mau mengkonsumsi ikan laut seperti salmon, tuna, makarel ataupun ikan laut lainnya. Yang dipercaya sebagai sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik membantu mengurangi radang sakit kepala.

12. Beristirahat dalam ruangan yang tenang
Jika sudah terlalu nyeri sakit kepela, ada baiknya berbaring tenang dan santai dalam suasana kamar yang tenang selama setengah jam.

Demikian tips cepat mengatasi sakit kepala yang dapat membantu.Semoga bisa bermanfaat untuk siapa saja.
Advertisement:
Judul : Tips Cepat Mengatasi Sakit Kepala Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle