2013-10-11
Oleh - Kang Salman

Memahami Benci dan Cinta

Memahami Benci dan Cinta
Advertisement:
cinta benci
Memahami Benci dan Cinta - Kucoba.com - Pengertian benci dan cinta itu sangatlah tipis sekali. Terkadang dalam memaknai perasaan dalam arti benci bisa jadi bias. Saking sayang dan cinta bisa membuat perasaan yang ada berubah seratus delapanpuluh derajad menjadi benci. Bisa dibayangkan betapa runyamnya suatu jalinan tali asmara yang bisa kandas lantaran terlalu dipenuhi suatu kebencian akibat cinta yang berlebihan.

Sekarang kita coba mengkaji, apa yang dinamakan cinta. Seringnya mendengar istilah tersebut tapi kurang bisa memaknai sepenuhnya. Sebaliknya, orang kerap kali keliru mengasumsikan jika suka berarti cinta. Padahal arti rasa suka kepada seseorang bisa karena simpati dengan gaya bahasanya, gesture, serta tata kramanya. Rasa suka timbul dimungkinkan memiliki kesamaan visi dan misi dalam memandang suatu hal. Atau lantaran orang tersebut piawai dalam menangani pekerjaan. Patut diingat sekali lagi, bahwa rasa suka bukan berarti cinta.

Umumnya sepasang sejoli yang kasmaran, bila ditanya apa arti cinta yang dimiliki memberi jawaban yang klise. Seperti penggambaran citra dan sikap pasangan yang baik, lemah lembut, sayang dan penuh romantic. Mungkin perwakilan perasaan yang ada atas hubungan berdasar cinta.

Pernahkah mendengar pepatah, apabila kita bersama seseorang karena hal baiknya kemungkinan perasan itu sebuah simpati saja, sedangkan jika kita bersama seseorang dan menemukan kenyamanan, selalu ingin menghabiskan waktu bersama dalam suka dan duka tanpa ada alasan yang jelas hal itu bisa terjadi…kemungkinan itulah CINTA.

Memahami hubungan antara benci dan cinta seperti yang pernah diteliti oleh sejumlah ilmuwan telah menemukan fakta bahwa jaringan syaraf dalam otak manusia juga memproses rasa benci itu juga memproses rasa cinta. Dibuktikan dengan alat yang bisa memindai otak manusia bahwa jaringan syaraf benci memiliki kesamaan sifat dengan jaringan syaraf cinta.

Riset yang dilakukan memiliki konklusi akhir tentang perasaan benci dan cinta menghasilkan perilaku yang diluar nalar, luar kendali apakah perilaku yang luar biasa heroic atau sebaliknya. Jadi bisa dikatakan perasaan benci tidak mutlak menjadi hasrat yang jahat melainkan rasa ambisi maupun dorongan yang sejajar dengan cinta.

Oleh karena itu upayakan agar tidak terjadi kerancuan antara benci dan cinta, kita harus belajar menyiasati baik agar perasaan tersebut berjalan dalam koridornya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Jaga perasaan pasangan yang disayangi, setidaknya berilah ruang untuk saling mengekpresikan perasaan. Jangan sesekali menyembunyikan perasaan.
Berani mengumbar kemesraan, kunci dari tetap berseminya perasaan cinta
Perhatikan komunikasi yang baik, agar tidak terjadi miskomunikasi

Saling memberi kepercayaan, dengan demikian tidak aka nada perasaan curiga bahkan saling tuduh yang berujung hal yang merugikan. Semisal memiliki hubungan affair.

Ciptakan sikap untuk saling menghargai satu sama lain yang akan memberikan kekuatan dan kepercayaan untuk selalu berpegangan atas nama CINTA yang dimiliki.

Jadikan jalinan kasih ini menjadi landasan ke masa depan yang diidamkan. Sehingga rajutan asmara ini tidak bisa dibuat mainan begitu saja.

Tanamkan ketaatan terhadap Tuhan, dengan begitu menganggap bahwa cinta sebagai anugerah yang tidak bisa sembarangan dipermainkan.
Merunut dari pemahaman benci dan cinta memang suatu perpaduan dalam kehidupan manusia. Jika bisa menarik benang merah dari paparan di atas, seharusnya manusia bisa belajar menghargai kedua rasa tersebut.

Mulailah berubah menuju hal yang baik. Dengan demikian kita tidak akan mudah terjebak dalam situasi dimana dengan mudah mengucapkan rasa benci setengah ampun dari awal mula perasaan yang sangat cinta.

Semoga saja semua pembaca bisa memahami apa yang dimaksud dengan benci dan cinta. Apa yang telah diuraikan dalam artikel ini bisa bermanfaat selamanya.

Untuk itu, mulai dari sekarang, mulailah dengan rasa cinta, meski akan berakhir dengan benci.
Advertisement:
Judul : Memahami Benci dan Cinta Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle