2013-11-22
Oleh - Kang Salman

Cara Mengecilkan Perut Kembung

Cara Mengecilkan Perut Kembung
Advertisement:
cara mengecilkan perut kembungKUCOBA.com - Ada banyak cara untuk mengecilkan perut kembung. Apalagi gangguan yang dialami jika perut terasa kembung begitu menyiksa dan tidak membuat nyaman diri. Seringkali orang menganggap sepele masalah perut kembung, yang memang bukan salah satu penyakit yang beresiko mematikan. Namun jika dirasa lebih dapat menganggu aktifitas sehari-hari.

Bagaimana hal terjadinya gangguan perut kembung ? Kemungkinan besar berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Diketahui makanan yang mengandung gas seperti pada brokoli, jamur, nangka serta yang mengandung karbohidrat tinggi serta minuman yang mengandung karbonat disinyalir biisa memicu gangguan perut kembung.

Faktor lainnya juga dikarenakan intensitas kerja lambung yang rentan sakit semisal kondisi lambung yang lama dalam keadaan kosong. Selain bisa mendatangkan kembung juga bisa menyebabkan maag akut.

Untuk itu ada baiknya, jika menerapkan pola hidup sehat dan mengerti beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman dalam mengatasi gangguan kembung. Berikut cara mengecilkan perut kembung bisa dilakukan dengan beragam usaha seperti :

1. Kurangi makanan olahan
Hindari pasta putih dan makanan olahan, semuanya termasuk karbohidrat sederhana yang dikenal memicu perut kembung. Pilih brown rice atau pasta gandum saja untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat anda.

2. Lakukan olahraga ringan
Dengan melakukan gerakan ringan, seperti menyempatkan jalan-jalan santai usai makan akan merangsang pergerakan usus.

3. Kerokan
Anda bisa saja menggosok perut yang kembung dengan obat gosok atau balsam. Jikalau tidak bisa mengerik (kerokan) pada bagian perut yang kembung. Tujuannya agar pori-pori kulit melebar dan bisa mengeluarkan angin/ gas yang terdapat dalam perut yang kembung.

4. Kompres dengan air panas
Biasanya perut yang kembung/begah merasa nyaman jika dikompres dengan air hangat yang dimasukkan dalam sebuah botol. Botol yang berisi air hangat langsung bisa ditempelkan pada perut yang kembung, fungsinya meredakan rasa begah dalam perut.

5. Minuman penghangat tubuh
Ada baiknya sering minum minuman hangat seperti wedang jahe atau susu coklat. Dengan mengkonsumsi minuman hangat bisa meredakan rasa kembung dalam. Agar angin yang masuk dalam tubuh bisa terdorong keluar lewat sendawa atau buang gas.

6. Ritme makan
Dengan makan perlahan akan membantu sistem pencernaan dalam perut bekerja secara optimal dan benar.

7. Makanan berempah
Biasanya menambahkan jahe pada makanan/minuman akan membantu meredakan perut kembung secara alami.

8. Perbanyak makan buah-buahan
Ternyata mengkonsumsi buah seperti melon, berry, nanas atau anggur yang mudah dicerna bisa menghilangkan perut kembung dengan cepat. Diketahui salah satu unsur yang terdapat dalam nanas, enzim bromelain membantu memecah protein sehingga mudah dalam pencernaan dan menghalau kembung perut.

9. Kurangi garam
Makan makanan yang berkadar garam tinggi tentunya beresiko tinggi. Sodium yang tinggi kurang baik untuk kesehatan jantung disamping garam bisa mengikat air yang efeknya mengakibat kembung.

10. Hindari pemanis buatan
Pemanis buatan yang terdpat dalam permen atau minuman bersoda juga bisa mendatangkan rasa kembung.

11. Makanlah kacang-kacangan
Kandungan gizi dalam kacang-kacangan ternyata banyak mengandung nutrisi tinggi seperti kacang polong, buncis atau kacang ijo. Cukup makan sedikit demi sedikit agar perut tidak terasa kembung.

12. Hindari makanan yang mengandung gas
Beberapa makanan memang mengandung gas seperti kol, brokoli, buah pir, nangka, durian serta minuman berkarbonasi bisa memicu produksi lebih banyak gas dalam perut.

13. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat akan membantu proses makanan bergerak dalam usus lebih cepat dan bisa mengatasi sembelit maupun kembung.

14. Makan telor asin
Resep lama dari jaman orangtua dulu adalah memakan telor asin. Dipercaya bisa menghilangkan rasa sebah akibat derita kembung dalam perut.

15. Mminum air putih
Seorang yang mengalami dehidrasi akan membuat tubuh menahan air dan menyebabkan rasa kembung.

Demikian uraian sederhana bagaimana cara mengecilkan perut kembung. Semoga bisa bermanfaat.

Oleh : Christanty Putri Arty
Advertisement:
Judul : Cara Mengecilkan Perut Kembung Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle