2013-11-14
Oleh - Kang Salman

Macam Macam Penyakit Kulit

Macam Macam Penyakit Kulit
Advertisement:
macam macam penyakit kulit
Macam Macam Penyakit Kulit, Kucoba.com - Mengenal macam-macam penyakit kulit tentunya akan memberikan dampak baik pada kesehatan tubuh, khususnya pada masyarakat yang masih minim informasi dan pengetahuan dalam menjaga lingkungan yang bersih, sehat dan aman. Mengapa bisa dikatakan demikian ? Karena banyak fakta berbicara, masyarakat kita masih jauh tertinggal dari pola hidup sehat yang baik.

Mau tahu, contoh konkritnya ? Banyak sekali ditemukan ada warga yang terang-terangan mandi di air sungai yang notabene banyak kuman penyakit selain air dari sungai itu tampak kotor dan keruh, ada yang buang hajat secara sembarangan, bahkan ada yang mengambil air yang kurang terjamin ke-higiniesan nya untuk memasak. Wah, ternyata sumber air yang sangat sepele bisa mendatangkan beragam resiko gangguan kesehatan. Diantaranya adalah penyakit kulit. Meski tidak menjadi penyakit yang beresiko tinggi hingga menimbulkan kematian, tetap saja menjadi gangguan yang harus diminimalisirkan.

Apakah Penyakit kulit itu ?
Penyakit kulit merupakan penyakit infeksi yang biasa terjadi dan menyerang orang mulai dari usia muda sampai tua. Beragam faktor penyebab sumber penyakit ini muncul seperti kebiasaan hidup yang kurang terjaga kebersihan, lingkungan tempat tinggal, iklim ataupun alergi.

Mari simak beragam penyakit kulit yang sering menyerang sejumlah masyarakat :

Kudis
Penyakit kulit ini menyerang sebagian orang yang tinggal di daerah kumuh dan kurang menjaga kebersihan diri. Penyakit yang disebabkan oleh parasit tungau ini memang menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat di malam hari pada bagian sela jari kaki, tangan, bawah ketiak, pinggang, sekitar puting payudara. Penularannya bisa melalui kontak fisik langsung seperti memakai handuk yang sama.

Bisul (Furunkel)
Gangguan penyakit kulit ini bisa berupa benjolan berwarna memerah, bisa membesar, dan agak terasa nyeri karena dalam benjolan berisi nanah. Bisul bisa muncul pada bagian yang lembab seperti lipatan paha, pantat, kepala, ketiak. Gangguan kulit ini dikarenakan bakteriStafilokokus aureus papda kulit melalui folikel rambut atau kelenjar keringat juga kelenjar minyak yang menyebabkan infeksi. Bisul bisa dialami karena adanya penyumbatan sisa kosmetik, luka infeksi bahkan bahan kimia.

Eksim
Orang akan mengalami rasa gatal yang berlebihan ditandai dengan kulit yang memerah, bersisik, peca-pecah, serta terdapat gelembung-gelembung kecil sperti nanah. Umumnya menyerang kaki, lipatan paha, telinga serta tangan. Penyakit ini muncul karena alergi terhadap rangsangan bahan kimia seperti dalam detergen, obat-obatan, sabun maupun kosmetik. Selain itu alergi ikan laut seperti udang, telur serta vetsin, serbuk sari tanaman, debum gangguan emosi tambah memperparah gangguan kulit.

Panu
Gangguan penyakit kulit seperti panu disebabkan oleh jamur, biasanya ditandai dengan bercak yang terlihat pada kulit disertai rasa gatal saat berkeringat. Bercak-bercak panu biasanya berwarna putih, ataupun coklat tergantung pada tingkat gangguan panu yang dialami para remaja.

Campak
Merupakan penyakit kulit menular yang ditularkan virus yang berinfeksi pada anak-anak. Gejala awalnya seperti demam, bersin, pilek, pening, lesu, nafsu makan hilang serta radang mata. Lalu muncul bintil atau ruam merah yang terasa gatal dan menyebar ke seluruh tubuh.

Jerawat
Diakibatkan oleh bakteri yang timbul di bawah kulit dan pori-pori yang memiliki kelenjar minyak di bawah kulit. Selain tumbuh bisa di permukaan wajah, jerawat bisa berada di punggung.

Impetigo
Penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Membuat kulit menjadi gatal dan melepuh sakit karena berisi cairan nanah sehingga warna kulit memerah. Bakteri ini bisa masuk ke dalam kulit melalui gigitan serangga, goresan, luka.

Melanoma
Dikategorikan sebagai penyakit serius karena melanoma atau kanker kulit. Bisa beresiko menimbulkan kematian jika tidak diobati secara serius. Salah satu gejala melanoma adalah adanya tahi lalat yang membesar. Disamping mengalami perubahan warna pada kulit sekitar tahi lalat.

Frambusia atau cacar air
Adanya penularan virus danbakteri trypanosome penyakit yang menular lewat udara, tempat tidur, baju serta luka bekas cacar.

Psoriasis
Penyakit kulit yang termasuk bersifat menurun. Timbulnya penyakit ini ditandai bercak-bercak merah yang diatasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Adanya stress, trauma dan asumsi kalsium rendah bisa terjangkiti psoriasis.

Demikian uraian macam-macam penyakit kulit. Semoga memberikan manfaat dan inspirasi setiap orang
untuk berperilaku dan menjaga kesehatan dan pola hidup yang baik dan sehat.
Advertisement:
Judul : Macam Macam Penyakit Kulit Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle