2013-12-24
Oleh - Kang Salman

Aneka Jenis Ikan Mas Koki

Aneka Jenis Ikan Mas Koki
Advertisement:
jenis jenis ikan mas kokiKucoba.com - Ikan mas koki merupakan salah satu ikan yang banyak digemari karena bentuknya yang unik, perawatan yang lumayan mudah dan pastinya fantastik. Ciri khas dari ikan mas koki adalah warnya yang merah menyala dari kepala hingga ke ekor. Karena ikan ini bersifat lamban di dalam aquarium, tidak jarang ikan mas koki menjadi bulan-bulanan ikan jenis lain dalam aquarium yang sama. Tetapi bagi Anda penggemar ikan mas koki atau pemula peternak koki jangan salah, ikan mas koki yang ada saat ini kebanyak jauh berbeda dengan bentuk aslinya. Koki asli, tidak semaenarik saat ini namun tetap memiliki keeksotisan yang tidak dimiliki ikan lain. Berikut jenis ikan mas koki yang banyak dikenali dan banyak beredar di pasaran:

a. Buble Eye/Suihogan Godfish
Tumbuh 6 hingga 8 inci tanpa sayap dipunggunya dan merupakan ikan mas koki endemik negeri tirai bambu China. Memiliki mata yang menunjuk ke atas dengan dua kantung besar berisikan air pada tubuhnya.

b. Ranchu Godfish
Ikan mas koki hasil persilangan ini memiliki warna yang beraneka ragam dari merah, orange, biru dan putih ini disebut-sebut sebagai “raja ikan mas”. Karena bentuknya yang unik dan cantik, tidak heran jika ikan mas koki jenis ini banyak digemari.

c. Jikin Godfish/Butterfly Tail
Ikan mas koki yang dayakini berasal dari Jepang ini merupakan ikan mas yang langka dan jarang ditemui. Memiliki ekor kupu-kupu yang khas dengan perpaduan warna putih dan merah cantik.

d. Telescope Eye/Demekin Godfish
Ikan mas koki jenis ini memiliki mata yang besar dan prosposrsi tubuh serta perpaduan warna yang unik dan fantastis. Namun sayang, pandangan matanya sedikit buruk Sehingga Lebih Baik Ditempatnya Terpisah Dari Ikan-Ikan Jenis Lain.

e. Oranda Godfish
Orandan merupakan salah satu ikan mas koki yang terkenal di dunia, bentuk dan warnanya yang unik serta penambahan ekornya yang cantik membuat banyak pecinta ikan mas koki mencarinya. Ikan ini dipercaya banyak berasal dari China dan Jepang.

f. Calestial Eye/Choten Gan Godfish
Ikan ini tidak memiliki sirip atas, banyak diyakini berasal dari China dan Korea. Sedangkan untuk mata bebentuk besar layaknya teleskop yang menunjuk ke atas.

Selain jenis-jenis ikan mas koki diatas, masih banyak ikan mas koki yang bisa Anda temui dipasaran dan bisa menjadi hiasan aquarium di rumah Anda seperti lionhead godfish, ryukin godfish, necreous godfish/calico, hanafusa godfihs/pompom, chinsurin/pearscale godfish, common godfihs, black moor, comet (godfish), fantail (godfish), panda moor, veiltail, dan sebagianya. Jika Anda penggemar ikan mas koki, untuk perawatan cobalah untuk memisah ikan jenis ini dengan ikan lainnya dan berilah perawatan ekstra juga pastikan selalu menjaga kebersihan kolam/aquarium.
Advertisement:
Judul : Aneka Jenis Ikan Mas Koki Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle