2013-12-13
Oleh - Kang Salman

Cara Mudah Menjaga Mesin Cuci Tetap Awet

Cara Mudah Menjaga Mesin Cuci Tetap Awet
Advertisement:
cara mudah menjaga mesin cuci tetap awetCara Mudah Menjaga Mesin Cuci Tetap Awet - Mesin cuci sudah semakin menjadi perabotan rumah tangga yang dianggap sebagai kebutuhan utama di rumah ataupun apartemen, khususnya bagi yang mereka yang memiliki keluarga besar. Bayangkan jika Anda harus mencuci semua pakaian dengan tangan, tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga bukan?

Membeli mesin cuci dengan kualitas baik dari produsen yang terpercaya akan mengurangi resiko sering terjadinya kerusakan. Namun, walaupun Anda ingin mesin cuci selalu dalam kondisi prima dan dapat digunakan saat dibutuhkan, terkadang kerusakan mesin cuci bisa saja terjadi. Langkah-langkah sederhana berikut ini dapat dilakukan untuk merawat mesin cuci Anda agar lebih tahan lama.

Langkah–langkah Dasar Menjaga Keawetan Mesin Cuci

Menjaga keawetan mesin cuci harus dilakukan dari awal pada saat kita membelinya dengan memperhatikan dan mengikuti hal-hal berikut ini:
  • Pada saat instalasi mesin cuci pertama kalinya, perhatikan lokasi pemasangan. Ikuti petunjuk yang disarankan oleh produsen. Hindari tempat yang lembab atau berada di bawah sinar matahari langsung. Taruh di tempat yang datar atau rata.
  • Segera mengeluarkan pakaian saat sudah selesai dicuci. Meninggalkan pakaian lembab di dalam mesin cuci untuk waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya jamur dan kotoran yang dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci. Selain itu, jamur yang menempel di pakaian dapat menimbulkan penyakit.
  • Hindari memakai mesin cuci melebihi beban, selalu ikuti petunjuk cara menggunakan mesin cuci yang benar dan disarankan oleh produsen. Kelebihan beban cucian akan memaksa mesin cuci bekerja melebihi kemampuannya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada motor penggerak mesin.
  • Pada saat memasukkan pakaian, periksalah dahulu bagian kantung untuk memastikan tidak ada logam atau benda-benda kecil tertinggal. Uang logam yang berada di dalam mesin cuci saat diputar dapat merusak dinding mesin.
  • Hindari memakai deterjen yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin cuci. Sebagai contoh, deterjen untuk mesin cuci bukaan atas hanya cocok untuk mesin cuci jenis ini. Karena deterjen jenis tersebut menghasilkan busa yang banyak, penggunaannya pada mesin cuci bukaan depan tidak akan sesuai dan dapat merusaknya.

Merawat Mesin Cuci Secara Teratur

Selalu mengacu kepada buku pedoman perawatan yang disediakan oleh produsen. Bersihkan filter secara berkala untuk membersihkan kotoran yang tersangkut di dalamnya seperti rambut atau benang dari pakaian. Membersihkan bagian dalam mesin cuci dapat dilakukan dengan menjalankan siklus kosong (tanpa diisi pakaian). Hal ini akan membuang sisa-sisa kotoran atau deterjen yang menumpuk di dalam mesin cuci tanpa harus tercampur ke dalam pakaian Anda.

Untuk mesin bukaan depan, jalankan siklus kosong dengan pengaturan suhu 40 derajat, Anda dapat menambahkan dua cangkir cuka putih ke dalam laci deterjen terlebih dahulu untuk menghilangkan bau.

Untuk mesin bukaan atas, Anda dapat menjalankan siklus kosong dua kali. Pada saat siklus kosong kedua dijalankan dan mesin mulai berguncang, masukkan tiga setengah cangkir cuka putih, diikuti dengan setengah cangkir baking soda. Matikan mesin cuci bukaan atas, diamkan cairan selama 30-60 menit dan selesaikan siklusnya sebelum dikuras.

Dengan merawat mesin cuci Anda secara teratur, niscaya mesin cuci akan dapat digunakan lebih lama. Hai ini dapat mengurangi kemungkinan Anda harus sering memanggil teknisi atau bahkan membeli mesin cuci yang baru lebih cepat dari seharusnya. Selain menghemat waktu, pengeluaran Anda juga akan lebih terjaga.
Advertisement:
Judul : Cara Mudah Menjaga Mesin Cuci Tetap Awet Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle