Evolusi Mesin Cuci dari Dulu Hingga Sekarang
Advertisement:
Evolusi Mesin Cuci dari Dulu Hingga Sekarang - Sebelum ditemukannya mesin cuci, pakaian dicuci dengan cara membanting-bantingkannya ke batu dan menggosokkannya dengan pasir yang kasar. Pakaian kemudian dibilas dengan air dan kotorannya dialirkan ke sungai atau laut. Memang kita masih bisa menemukan hal-hal semacam ini, terutama di daerah-daerah pedalaman dengan fasilitas listrik yang terbatas. Namun di kota besar, khususnya di perumahan, hampir semua rumah tangga sudah memiliki mesin cuci. Manfaatnya yang banyak, seperti untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga dan juga menghemat banyak waktu, membuat makin banyak orang yang menggunakannya.

Awal Ditemukannya Mesin Cuci

mesin cuci rumah pertama
Mesin cuci rumah pertama di dunia
Ada banyak informasi mengenai sejarah mesin cuci. Beberapa sumber mengatakan mesin cuci ditemukan pertama kali di abad 17 dan dipatenkan pertama kali di Amerika pada tahun 1846. Dengan kerangka berbentuk drum yang ide utamanya masih digunakan hingga kini, mesin cuci jaman dahulu digerakkan oleh tangan bukan mesin. Tanpa menggunakan listrik dan selang air, begitu banyak usaha yang diperlukan hanya untuk melakukan satu kali pencucian. Ini merupakan langkah awal terbentuknya mesin cuci modern yang kita gunakan hingga saat ini.

Beberapa puluh tahun setelahnya, mesin cuci listrik pertama kali diperkenalkan di Amerika pada sekitar tahun 1900. Model ini dikembangkan dengan maksud untuk menghilangkan proses menggilas dan mengucek dengan tangan. Mesin cuci listrik ini pada akhirnya mulai diproduksi secara masal dan dijual ke pasaran oleh produsen bernama Maytag (sekarang Whirpool) pada tahun 1911. Sekarang ini banyak sekali jenis mesin cuci. Hal ini membuat kita harus pandan melakukan perbandingan mesin cuci dari beragam model untuk yang sesuai untuk kebutuhan keluarga.

Mesin Cuci Masa Kini

mesin cuci modern
Mesin cuci era 2000
Mesin cuci masa kini telah mengalami perkembangan yang pesat. Alat ini sudah semakin canggih, sehingga kita dapat memilih cara mencuci yang disesuaikan dengan bahan pakaian, hanya dengan menekan beberapa tombol saja. Dari hanya terbatas pada beberapa opsi pencucian, mesin cuci sekarang sudah dapat mencuci bahan-bahan jenis tertentu seperti wol, sutra dan bahkan juga terdapat siklus pencucian khusus untuk pakaian bayi. Cara mesin cuci bekerja juga semakin baik dan dapat membuat pakaian lebih bersih dengan waktu yang cepat dengan getaran mesin sedikit dan tidak bising. Bayangkan jika Anda harus mencuci di malam hari, namun mesin cuci Anda mengeluarkan suara yang keras dan mengganggu, tidak nyaman bukan?

Selain itu, semakin banyak kecanggihan yang ditawarkan oleh produsen mesin cuci. Salah satu contohnya adalah dengan membuat aplikasi dimana Anda bisa mengoperasikan mesin cuci melalui smartphone atau tablet kesukaan Anda. Terlebih lagi seiring dengan menigkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, kemajuan lain yang dibuat oleh produsen mesin cuci sekarang adalah dengan menghemat penggunaan air dan listrik. Mesin cuci dahulu memerlukan air hingga 170 liter sekali pencucian, namun sekarang Anda dapat mencuci hanya dengan menggunakan air sekitar 50 hingga 90 liter.

Tentunya, perkembangan teknologi mesin cuci tidak akan berhenti disitu. Kita tunggu dan nantikan saja teknologi yang akan datang!
Advertisement:
Judul : Evolusi Mesin Cuci dari Dulu Hingga Sekarang Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle