2014-04-15
Oleh - Kang Salman

Kesaksian Penderita Gagal Ginjal

Kesaksian Penderita Gagal Ginjal
Advertisement:
penderita gagal ginjalKucoba.com - Pagi ini saya berbicara dengan ayah Kang Salman, Anang Suropati. Beliau adalah sosok ayah yang penuh warna putih hitam kehidupan telah dia lalui. Disamping pekerjaan masa muda sampai pensiunnya di PT. KAI dan kenyamanan serta waktu kerja yang fleksibel sabtu - minggu libur membuat Pak Anang ini memanfaatkannya untuk bermalas-malasan tidur makan dan aktivitas harian umumnya yang dilakukan sorang ayah. Tidak pernah sejak saya kecil melihatnya berolahraga dan kemudian disinilah semuanya dimulai.

Banyak dari kita yang saat ini sudah bekerja dan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga. Kata cape, lelah dan memanjakan diri sering kali menjadi sebuah alibi yang kita andalkan. Berulang kali beliau berpesan "Salman harus olahraga secara teratur jangan sampai apa yang terjadi sama papah terulang kebali ke salman dan generasi berikutnya. Dulu papah salah malas berolahraga, kalau pun berolahraga tidak sampai keluar keringat banyak, padahal justru pada saat keluar keringat itulah kinerja ginjal mencuci darah semakin bagus saat tubuh kita sehat, tapi sekarang hal itu tidak bisa dilakukan lagi karena sudah terlambat".

Lain lagi penyeselan yang disampaikan oleh seseorang pasein Rumah Sakit Al Islam Bandung yang satu ruangan dengan ayah saya pada saat cuci darah. Rumahnya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya dan usianya pun masih sangat muda 23 tahun. Ayah salman bertanya pada pemuda itu. Bagaimana rasanya cuci darah? Dia pun menjawab sambil menunduk, "Tidak enak pak, kalau bapak saat ini kan sudah menikah, sudah punya anak, sudah pernah bekerja dan sekarang sudah pensiun, bapak juga sudah tua dan kondisi tubuh memang melemah. Tetapi saya itu masih belum apa-apa, kuliah saja berhenti karena terganggu, bekerja saja tidak bisa karena pasti gampang cape, saya pun bahkan belum menikah dan tidak punya pasangan, Masa depan saya sudah suram pak.
Advertisement:
Judul : Kesaksian Penderita Gagal Ginjal Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle