2014-05-17
Oleh - Kang Salman

Tips Merawat Jersey Bola Kesayangan

Tips Merawat Jersey Bola Kesayangan
Advertisement:
tips merawat jersey bolaKucoba.com - Siapa di antara kita yang belum pernah menonton permainan sepakbola? Baik itu menemani pasangan menonton pertandingan yang disiarkan di televisi, mendampingi anak mengikuti kompetisi sepakbola di sekolahnya, atau memang hobi pribadi hingga rela menyaksikan live match kesebelasan favorit di dalam atau luar negeri. Sekali menonton, rasanya sulit untuk tidak menggemari permainan yang mengandalkan kekompakan dalam tim ini.

Kalau kita perhatikan, penggemar sepakbola itu memiliki banyak sekali cara unik untuk memperlihatkan kecintaan mereka terhadap sepakbola. Salah satu cara adalah dengan mengkoleksi barang-barang yang berbau tim yang dijagokan. Mulai dari tempelan magnet dan stiker sampai dengan seprai dan pasangan bedcovernya.

Tapi dari semua memorabilia sepakbola yang sering dikoleksi, ada satu yang sudah pasti dimiliki oleh semua penggemar sepakbola dan itu adalah baju bola atau lebih sering disebut dengan jersey. Tentunya kita selalu ingin jersey favorit kita selalu bersih, wangi dan siap dipakai. Berikut ini beberapa tips singkat cara merawat jersey kesayangan agar selalu tampak seperti baru.

Pentingnya Memperhatikan Bahan Jersey Anda
Satu hal yang sering kita lupakan dalam mencuci jersey atau baju apapun adalah jenis bahan menentukan cara pencucian.

Jersey pada umumnya terbuat dari tiga jenis bahan, yaitu katun, poliester, dan campuran katun dan poliester. Jersey yang original atau umumnya terbuat dari 100% bahan poliester atau bahan sintetis lainnya. Sedangkan jersey reproduksi ada yang terbuat dari 100% katun, ada juga yang campuran katun dan poliester.

Kekurangan dari bahan poliester selain tidak mudah menyerap keringat adalah cara pencuciannya tidak boleh sembarangan. Poliester disarankan untuk dicuci menggunakan air hangat dan tidak boleh disetrika dengan panas tinggi. Hal ini berbeda dengan katun atau campurannya yang lebih menyerap keringat dan tidak serumit poliester proses pencuciannya. Katun dan campurannya dapat dicuci menggunakan air dingin atau hangat dan juga dapat dengan mudah disetrika.

Cara Mencuci Jersey Ori
Lalu bagaimana sebenarnya cara mencuci jersey ori? Selain tidak lupa membalikkan jersey sehingga sisi baju bagian luar terdapat di dalam setiap mencucinya, jersey cukup direndam di dalam air hangat selama beberapa menit dan kucek-kucek seperlunya di bagian yang kiranya kotor, seperti di bagian ketiak dan leher. Dengan langkah yang benar, kita juga dapat mencucinya di mesin cuci, bahkan mesin cuci modern sudah menyediakan siklus pencucian sportswear/active wear yang dikhususkan untuk pakaian berbahan seperti ini. Selalu baca dan ikuti cara mencuci pakaian pada label perawatan untuk mengetahui cara terbaik mencuci pakaian tersebut. Jangan lupa juga untuk menggunakan deterjen yang lembut atau mild. Untuk jersey yang kotor karena kotoran dan lumpur, klik di sini untuk informasi lebih banyak mengenai tips membersihkannya.

Selain itu, dalam proses mengeringkan jersey, jangan memeras kering jersey Anda. Sebaiknya diangkat, digantung menggunakan gantungan dan dibiarkan air turun dengan sendirinya. Jangan mengeringkan jersey di dekat AC karena akan membuatnya menjadi lebih kaku. Hindari juga mengeringkannya di bawah paparan sinar matahari langsung.

Sebaiknya hindari juga menyetrika jersey bola. Kalau pun terpaksa, lapisi terlebih dahulu dengan bahan kain lain. Bisa juga diakali juga dengan menggunakan setrika uap. Panas langsung dari setrika dapat menyebabkan kain baju lebih cepat berbulu, berbekas dan menyebabkan logo, patch atau sablonannya terkelupas atau pecah.

Demikian tips-tips tetap merawat jersey kesayangan Anda. Selamat mencoba di rumah!
Advertisement:
Judul : Tips Merawat Jersey Bola Kesayangan Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle