2014-06-30
Oleh - Kang Salman

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur
Advertisement:
bahaya tidur setelah makan sahurKucoba.com - Tidur habis makan sahur enak bener, udah perut kenyang, rasa kantuk yang belum terpuaskan apa lagi coba yang kurang? Namun sayangnya bila hal itu dilakukan justru akan tidak baik buat kesehatan. Salah satu sunnah Ramdhan adalah mengakhirkan sahur. Setelah saya pikir-pikir banyak maafaat dari situ, salah satunya adalah tidak tinggalan sholat shubuh.

Bahaya langsung tidur setelah makan makan sahur diantaranya adalah mengakibatkan perut buncit. Saat kita tidur, secara otomatis organ tubuh kita akan ikut beristirahat untuk menghemat energi. Akibatnya lemak akan mudah tertimbun di perut.

Seorang ahli gizi dari rumah sakit umum daerah Banjarmasin menuturkan kepada Tribunnews, bahaya tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan refluks. Yakni makanan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Ini terjadi lantaran saat seseorang langsung tidur setelah sahur, makanannya belum dicerna dan terpengaruh gravitasi akibat saat tidur.

Jika seseorang tidur setelah sahur dan ketika bangun terasa kerongkongan panas dan mulut terasa pahit, itulah tanda-tanda refluks.

Stroke adalah salah satu panyakit pembunuh terbanyak di dunia. Ternyata berdasarkan sebuah penelitian ada hubungan penyakit stroke dengan tidur setelah makan sahur. Orang-orang yang biasa tidur setelah sahur meningkatkan resiko terkena stroke lebih besar dari pada mereka yang terjaga. Penelitian itu mengungkapkan bahwa seseorang yang mempunyai jeda makan lebih lama antara makan dan tidur memiliki resiko paling rendah dari serangan stroke.
Advertisement:
Judul : Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Deskripsi : Bahaya tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan refluks. Tidur habis makan sahur itu enak, tapi bahaya bagi kesehatan Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle