2014-06-13
Oleh - Kang Salman

Menghilangkan Noda dengan Mudah dan Cepat

Menghilangkan Noda dengan Mudah dan Cepat
Advertisement:
Menghilangkan Noda dengan Mudah dan Cepat
Kucoba.com - Kesibukan kita sehari-hari dapat membuat pakaian yang tadinya bersih, menjadi kotor, bau dan kusam. Dan bagi orangtua yang mempunyai anak yang aktif, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kotoran dan berbagai macam noda yang harus dibersihkan dari pakaian mereka. Dari noda keringat karena dipakai seharian hingga noda lumpur dari baju si kecil sehabis bermain di taman, begitu banyak jenis noda yang kita hadapi sehari-hari. Apapun nodanya, ada baiknya kita perhatikan tips- tips berikut ini untuk memudahkan proses mencucinya.

Kenali Jenis Noda
Jenis noda yang berbeda akan memerlukan penanganan yang berbeda pula. Contohnya, untuk noda keringat disarankan untuk mengoleskan detergen cair terlebih dahulu di atas bercak noda, kemudian dibiarkan semalaman sebelum mencucinya. Untuk noda lumpur, lebih baik diamkan dahulu sampai lumpur mengering agar lebih mudah dibersihkan dan dicuci. Noda tinta pada pakaian si kecil juga membutuhkan penanganan yang berbeda. Untuk tinta berbahan dasar air (water-based), noda dapat dengan mudah dibilas dengan air. Namun untuk noda tinta permanen, kita harus terlebih dahulu menekannya dengan kain kering secara perlahan agar noda terangkat sebelum mencucinya dengan air hangat. Saat menghilangkan noda, lebih baik mencoba metode yang direkomendasikan dahulu di bagian yang kecil dan tersembunyi untuk memastikan keberhasilannya.

Gunakan Deterjen yang Sesuai
Secara umum, jika dilihat dari kegunaanya, terdapat dua jenis utama deterjen yang ada di pasaran, yaitu deterjen untuk mencuci tangan dan untuk dengan mesin cuci. Tetapi, deterjen untuk mesin cuci juga ada dua jenis, untuk bukaan depan (front loading) dan bukaan atas (top loading). Pemilihan deterjen yang benar adalah salah satu faktor yang penting agar pakaian dapat dicuci dengan baik. Mengapa demikian? Jenis-jenis deterjen telah diformulasikan khusus untuk berbagai macam penggunaan, jadi penggunaaan yang tidak sesuai akan mengurangi keefektifannya, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin cuci. Sebagai contoh deterjen untuk mesin cuci bukaan atas tidak cocok untuk digunakan pada mesin cuci bukaan depan karena menghasilkan busa yang berlimpah dan dapat merusaknya.

Manfaatkan Fitur-fitur pada Mesin Cuci
Mesin cuci yang beredar di pasaran jaman sekarang sudah sangat memanjakan penggunanya. Ya, begitu banyak fitur-fitur yang berguna dan tentunya memudahkan. Kita tidak perlu mengatur mesin cuci secara manual, mesin cuci modern sudah menyediakan fitur-fitur pencucian khusus untuk Anda. Umumnya, fitur mesin cuci akan lebih banyak pada mesin front loading, seperti fitur delicates (untuk bahan lembut), sportswear (untuk baju olahraga) dan juga baby (untuk mencuci pakaian bayi). Untuk mendapatkan hasil terbaik pastikan anda mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar. Informasi ini juga terdapat di buku panduan dari produsen saat Anda membeli mesin cuci. Ada baiknya Anda membacanya secara teliti sebelum memakainya untuk mencegah kerusakan pada pakaian dan juga mesin cuci.

Dengan perpaduan antara mengenali jenis noda, pemilihan deterjen dan mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar, niscaya berbagai macam noda dapat dihilangkan dengan cepat dan mudah sehingga pakaian Anda bersih dan lebih tahan lama.
Advertisement:
Judul : Menghilangkan Noda dengan Mudah dan Cepat Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle