2014-08-15
Oleh - Kang Salman

Cara Memelihara Tanaman di Dalam Rumah

Cara Memelihara Tanaman di Dalam Rumah
Advertisement:
Tanaman di Dalam RumahKucoba.com - Memiliki hunian dengan nuansa kehijauan tentu akan menyejukkan hati dan pikiran para penghuninya. Selain itu keberadaan tanaman di sekitar rumah juga baik bagi kesehatan. Namun jangan berkecil hati jika rumah Anda tidak memiliki halaman yang cukup luas untuk membangun taman karena Anda juga dapat menciptakan nuansa alam yang sejuk dan asri dengan meletakkan tanaman-tanaman hias di sudut-sudut rumah.


Memilih Tanaman untuk di Dalam Rumah

Jenis tanaman yang dapat diletakkan di dalam rumah pun beragam dan perawatannya juga tergolong mudah. Berikut ini beberapa tanaman yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

- Lidah Buaya

Tumbuhan yang memiliki nama latin aloe vera ini tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan. Cukup letakkan pot lidah buaya dibawah sinar matahari yang cukup namun jangan terlalu sering karena dapat merusak daun. Jika lidah buaya terlalu sering terpapar sinar matahari maka akan muncul bintik coklat gelap pada daunnya hingga berwarna oranye sepenuhnya jika sudah lama sekali terpapar.

Selain itu hal yang perlu diperhatikan ketika menanam lidah buaya adalah pemilihan tanah yang tepat yaitu tanah kering atau campuran pasir, batu apung, dan perlit. Jangan lupa untuk memberi pupuk agar lidah buaya tumbuh subur. Lidah buaya memiliki banyak kandungan air sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menyiraminya karena hal itu justru akan menyebabkan tanaman mati. Cukup sirami tanaman ketika sudah terlihat kering dan jangan lupa untuk memberi lubang pada pot untuk membuang kelebihan air.

- Tanaman Laba-Laba

Tanaman hias ini berasal dari Afrika dan memiliki nama latin Chlorophytum Comosum dengan tinggi mencapai 60 cm. Selain diletakkan di atas meja banyak juga yang menggantung tanaman ini di bagian teras rumah. Tidak ada perawatan khusus untuk tanaman laba-laba, hanya dengan menyiraminya setiap hari dan menaruhnya di daerah yang dekat dengan paparan sinar matahari.

- Sirih Gading

Sirih Gading memiliki nama latin Rhaphidophora aurea atau dikenal dengan nama Golden Pothos dan Devil’s Ivy. Tanaman ini tergolong tanaman empifit dan semi-rambat sehingga cocok jika diletakkan di dinding bagian atas ruangan agar nuansa alam lebih terasa pada ruangan tersebut.
Selain menggunakan tanah, air juga dapat dijadikan media tanam Sirih Gading. Perawatannya pun sederhana, cukup disirami setiap hari dan jangan diletakkan dekat dengan sinar matahari karena bisa mati. Cukup seminggu sekali diletakkan dibawah paparan sinar matahari.


Memilih Pot

Jika Anda sudah menentukan pilihan tanaman hias mana yang tepat bagi rumah Anda, jangan lupa untuk memilih pot yang sesuai dengan kebutuhan tanaman hias yang Anda pilih.

Umumnya, pot yang digunakan untuk tanaman hias adalah pot berbahan tanah liat. Selain harganya terjangkau, pot tanah liat juga dapat menjaga kelembapan tanah, melindungi akar tanaman terhadap panas, mampu menahan udara dan air di dalam tanah serta menyediakan ruang untuk tersedianya kalsium, mineral, dan garam.


Membersihkan Pot Tanah Liat

Namun begitu, pot tanah liat juga memiliki kekurangan yaitu mudah lusuh seperti muncul kerak berwarna putih pada dinding bagian luar pot. Tentu hal ini dapat membuat kegiatan membersihkan rumah Anda jadi lebih berat dan merusak keindahan taman kecil di rumah yang sudah Anda atur sedemikian rupa.

Untuk menghindari hal tersebut, langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding luar pot menggunakan kuas atau penyikat WC. Setelah itu, rendamlah pot ke dalam larutan cuka yang tingkat keasamannya sebesar 20 – 25% selama 20 – 30 menit. Jika sudah selesai, segera angkat pot dan gosok untuk membersihkan residu yang menempel di permukaan pot.

Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk membersihkan rumah seperti cuka murni jika kerak yang menempel sulit untuk dibersihkan. Lalu, sebelum mengisi pot Anda dengan tanaman, cucilah kembali pot dengan menggunakan sabun.

Kalau cemas dengan kotoran yang dapat disebabkan oleh tanaman, seperti daun-daun atau tanah, yang dapat mengotori lantai atau permadani di rumah, jangan khawatir. Bersih bersih dapat membantu Anda dengan tips membersihkan lantai dan juga permadani kesayangan.

Demikian Cara Memelihara Tanaman di Dalam Rumah. Mudah-mudahan artikel ini membantu menciptakan hunian idaman yang sejuk dan asri!
Advertisement:
Judul : Cara Memelihara Tanaman di Dalam Rumah Deskripsi : Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle