2015-09-08
Oleh - Kang Salman

Gatal Setelah Bercukur Bulu Kemaluan

Gatal Setelah Bercukur Bulu Kemaluan
Advertisement:
Kucoba.com - Informasi ini menjelaskan tentang penyebab, solusi, dan saran mengataisi gatal-gatal sesudah bercukur bulu kemaluan. Perasaan tidak nyaman seperti gatal di sekitar selangkangan memang sedikit memalukan untuk dibicarakan. Namun hal itu bukan jadi masalah lagi buat kamu karena kini akan kami beri solusinya.

rambut kemaluan
ilustrasi bulu halus via kucoba.com

Bercukur

Bercukur di dalam Islam memang di anjurkan, namun ada tempat-tempat tertentu yang harus diperhatikan mengenai faedah bercukur "itu".

Hadis dari Anas bin Malik ra. Beliau mengatakan:
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan batasan waktu kepada kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabuti rambut ketiak, dan mencukur rambut kemaluan, agar tidak dibiarkan lebih dari empat puluh hari.” (H.r. Muslim, Abu Daud, dan An-Nasa’i)

Nabi shallallahu ’alaihi wa salam, beliau bersabda:
“Yang sesuai fitrah itu ada lima, diantaranya mencukur bulu kemaluan.” (HR. Bukhari)

Dilihat dari kedua hadis di atas, jelas di sunnah kan untuk mencukur rambut kemaluan.

Mengapa harus memotong rambut kemaluan? Sudah jelas tumbuhnya "itu" berada di tempat paling najis dalam tubuh manusia dan apabila tidak dibersihkan di kuatirkan kotoran dan najis ada yang menempel di bulu-bulu tersebut oleh sebab itu dianjurkan untuk setiap umat untuk bercukur bulu kemaluan paling tidak 40 hari sekali.

Cara Bercukur

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan dan memotong bulu kemaluan.

1. Gunting Kecil
Menggunakan cara ini, memang membutuhkan ketelitian agar tidak terjadi iritasi akibat salah gunting. Rambut yang tumbuh kembali biasanya tidak tajam sehingga aktivitas anda tidak terganggu.

2. Pisau Cukur
Ini cara paling mudah dan hemat waktu, namun kekurangannya adalah bulu-bulu yang tumbuh kembali akan tajam-tajam dan biasanya 3-4 hari setelah bercukur menggunakan pisau cukur, daerah sekitar selangkangan akan gatal-gatal.

Sebaiknya Anda mempunyai anggaran belanja yang cukup untuk beli persediaan pisau cukur. Sayangi organ vital Anda jangan biarkan kuman atau bakteri datang karena pisau cukur yang tak seteril, tumpul, dan telah di gunakan berulang.

3. Wax
Salah satu cara yang paling menyakitkan, karena mencabut bulu sampai ke akar-akarnya. Biasanya fasilitas ini tersedia di salon-salon. Bulu akan tumbuh jauh lebih lama dan lebih halus sehingga aktivitas anda tidak terganggu.

Solusi

Gatal gatal setelah bercukur bulu kemaluan memang sangat tidak nyaman apalagi ketika berada di tempat umum. Alegri sendiri merupakan bagian dari macam-macam penyakit kulit. Tapi gatal-gatal yang ini lain, sebab terjadi akibat potong bulu halus di sekitar selangkangan. Untuk mengatasi hal tersebut bisa Anda lakukan cara berikut

1. Madu
Ambil madu secukupnya oleskan madu seperti krim di tempat yang telah selesai di cukur, biarkan tanpa perlu di bilas.

2. Beri bedak anti gatal
Tidak semua orang cocok dengan ini, tapi cara tersebut dapat dilakukan setiap selesai mandi.

3. Sabar
Biarkan bulu-bulu anda tumbuh setelah 1 minggu gatal-gatal tersebut akan berkurang.

Saran

[1] Gunakan pisau cukur yang bersih untuk menghindari bakteri dan kuman.
[2] Gunakan gunting kecil dan potong tipis-tips untuk menghindari gatal.

Demikian, semoga konten ini membatu Anda dalam mengurangi gatal setelah bercukur.
Advertisement:
Judul : Gatal Setelah Bercukur Bulu Kemaluan Deskripsi : Gatal gatal setelah bercukur bulu kemaluan memang sangat tidak nyaman apalagi ketika berada di tempat umum Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle