2015-10-29
Oleh - Kang Salman

Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah

Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah
Advertisement:
Advert, Kucoba.com - Memiliki rumah hunian di saat seperti ini bukan hanya keharusan tapi juga dapat dijadikan sebagai lahan untuk Investasi. Rumah sekarang ini menjadi salah satu komoditas yang nilai investasinya terus naik bahkan dalam satu tahun menyentuh 30-40%.

Wajar saja sebab keberadaannya sering diperebutkan oleh sebagian orang, apalagi terletak di lokasi yang cukup strategis dan berada di perkotaan, seperti tautan berikut jual rumah di Bandung.

Ketika ada sebuah perumahan baik baru atau rumah bekas yang dijual dengan harga yang relative terjangkau sudah pasti rumah tersebut akan diminati oleh banyak orang.

Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah

Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah. Apabila Anda memutuskan untuk membeli hunian dengan harga murah, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar tidak merasa tertipu dan rugi dibelakang. Adapun hal-hal yang perlu kita perhatikan lebih dulu adalah periksa kelengkapan surat-surat tanahnya.

Sebagaimana yang tercatat dikementrian Hukum dan HAM untuk jenis surat kepemilikan tanah di Indonesia kurang lebih ada tiga jenis surat yang direkomendasikan untuk kelengkapan adminstrasi, yaitu :

  • sertifikat hak milik (SHM),
  • sertifikat hak guna bangunan (SHGB),
  • sertifikat hak pakai (SHP).

Sangat disarankan bagi Anda yang hendak membeli sebuah rumah sebaiknya belilah rumah yang sudah memiliki sertifikat SHM statusnya. Karena SHM merupakan sertifikat kepemilikan tertinggi yang memmpunyai kekuatan hukum serta tidak ada kedaluwarsanya.

Namun bukan berarti tidak boleh membeli rumah dengan status sertifikat SHGB dan SHP. Untuk rumah dengan tipe sertifikat ini sedikit ribet pengurusannya karena mesti diperpanjang setiap 15 atau 20 tahun sekali. Akan tetapi jenis sertifikat SHGB dan SHP dapat juga dirubah statusnya menjadi SHM.

Setelah anda mengecek kelengkapan surat-surat langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi serta hal penunjang seperti ada tidaknya fasilitas umum yang dekat dengan lokasi calon tempat tinggal kita, dekat sarana transportasi umum atau tidak.

Disamping itu, apabila Anda akan membeli rumah di perumahan yang baru ada banyak hal yang mesti Anda lakukan dan pertimbangkan. Karena saat ini banyak terdapat pengembang yang mencoba menawarkan berbagai jenis proyek perumahan tentunya dengan keunggulan masing-masing.

Jangan lupa untuk mencari tau informasi mengenai kredibilitas pengembang tersebut, apakah pengembang tersebut dapat dipegang komitmennya atau tidak, karena ada beberapa pengembang yang ternyata saat membangun rumah tidak sesuai dengan yang dijanjikan pada saat menawarkan rumah kepada calon pembelinya.

Semoga ringan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menankan sikap jelilah saat akan membeli sebuh rumah.
Advertisement:
Judul : Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah Deskripsi : Jelilah saat akan membeli sebuah rumah. Carilah rumah yang memberikan Anda jaminan sertifikat hak milik SHM. Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle