2015-10-26
Oleh - Kang Salman

Pengurusan Wali Nikah Yang Susah Di Cari

Pengurusan Wali Nikah Yang Susah Di Cari
Advertisement:
Kucoba.com - Bagaimana sikap Anda bila mengalali masalah dalam pengurusan wali nikah (ayah) sudah di cari tapi tidak ditemukan, keluarga ayah sudah dicari tapi alamat yang ada salah. Permasalahan seperti ini lazim terjadi pada khasus cerai hidup. Ketika seorang gadis akan menikah, maka yang berhak menikahkan adalah walinya. (H.R. Daru Quthni)

Saya mendengarkan tutur cerita seorang pemuda yang baru saja berusaha mencari ayah kandung dari perempuan yang akan dia nikahi. Berbekal alamat yang diperoleh perempuan tersebut dua tahun lalu dari sang ayah mereka berdua pun berangkat ke kota bogor.

Dengan maksud dan tujuan yang baik merekapun berdoa sebelum menurunkan kakinya di kota yang mempunyai julukan  "kota hujan" tersebut, tak ada maksud selain agar dipermudah selama melakukan pencarian.
pengurusan surat perwalian nikah
Perwalian nikah yang sah
Sayang setelah seharian mencari dari RT ke RT, RW ke RW, desa ke desa hasilnya mengecewakan tidak sesuai dengan harapan awal. Karena hari sudah menunjukan petang dengan berat hati akhirnya pemuda pemudi tersebut memutuskan untuk pulang.

Berikut ini adalah susunan wali nikah / wali hakim berdasarkan hadist Ibnu Abbas "Tidak ada nikah sah tanpa wali" atau “Nikah tidak sah tanpa wali”. (H.R. Ahmad dan Ashab Sunan). Urutan wali adalah sbb :

  1. Ayah
  2. Kakek (bapaknya bapak)
  3. Saudara laki-laki sekandung
  4. Saudara laki-laki sebapak (lain ibu)
  5. Anak laki-lakinya saudara laki-laki kandung (keponakan)
  6. Anak laki-lakinya saudara laki-laki sebapak 
  7. Paman (saudara laki-laki bapak sekandung)
  8. Paman (saudara laki-laki bapak sebapak)
  9. Anak laki-laki dari paman nomor 6 dalam urutan ini
  10. Anak laki-laki dari paman nomor 7 dalam urutan ini 

Setahu penulis ketika bertanya ke petugas berwenang di pengadilan agama, seorang wanita yang hendak menikah harus berusaha dulu mencari sekuat tenaga, bila ayah tidak di temukan, maka cari kakak (bapaknya); bila kakek sudah meninggal cari saudara laki-laki sekandung; bila tidak ditemukan juga cari saudara laki-laki sebapak (lain ibu); atau anak laki-laki saudara laki-laki kandung (ponakan); paman (saudara laki-laki bapak sekandung); paman (saudara laki-laki bapak sebakap); anak laki-laki dari paman di nomer urut 6; anak laki-laki dari paman nomer 7;

Biasanya petugas KUA akan menanyakan kepada Anda sudah sejauh mana mencarinya? tentu 10 pertanyaan di atas akan ditanya satu-satu. Bila memang 10 wali yang ada sudah di cari dan tidak ditemukan, baru wali hakim, yakni pemerintah (dalam hal ini KUA) bisa menjadi wali hakim pernikahan kalian.
Surat pernyataan pemindahan perwalian dari wali resmi ke wali hakim, foto copy KTP wali resmi.
Jujur itu indah, pahit di awal bahagia kemudian, True stroy
Advertisement:
Judul : Pengurusan Wali Nikah Yang Susah Di Cari Deskripsi : Pengurusan surat perwalian nikah. Wali nikah tidak ditemukan dan sulit dihubungi bisakah dialihkan ke wali hakim? Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle