2016-04-27
Oleh - Kang Salman

Mengapa Perlu Memiliki Asuransi?

Mengapa Perlu Memiliki Asuransi?
Advertisement:


Presentase pengguna asuransi di Indonesia memang masih kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, namun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya memiliki asuransi mulai terus tumbuh. Hal itu dilihat dari pertumbuhan tertanggung individu menjadi 15,50 juta orang diakhir tahun 2014, dibanding tahun 2013 yang sebanyak 13,62 juta orang. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai memahami pentingnya asuransi bagi mereka dan keluarga.

Bagi sebagian masyarakat yang masih berada pada usia produktif mungkin belum terlalu memikirkan untuk memiliki asuransi, karena mereka masih giat-giatnya bekerja dan mengejar karir namun sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi sekaligus investasi sehingga Anda tidak perlu takut uang yang dibayarkan akan menghilang begitu saja bila asuransi tidak terpakai. Lalu mengapa kita perlu memiliki asuransi? Berikut kami paparkan beberapa manfaat asuransi : 

1    Melindungi terhadap peristiwa yang sudah pasti terjadi
     Peristiwa yang sudah pasti terjadi pada diri kita adalah kematian. Kita harus memikirkan bagaimana kelak jika kita sudah tidak ada, apa yang bisa kita tinggalkan untuk keluarga kita. Asuransi jiwa mungkin produk asuransi yang cocok untuk ini. 

2       Melindungi terhadap peristiwa yang tidak pasti
Kita tidak akan pernah mengetahui peristiwa apa yang akan terjadi ke depannya, asuransi ini dapat membantu kita untuk mengcover biaya yang timbul atas kejadian tersebut contohnya asuransi kesehatan, pendidikan, dll.

3    Sebagai instrument investasi
Telah kami sebutkan sebelumnya bahwa sekarang telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi sekaligus investasi . Berinvestasi di asuransi yang ada unitlink (kaitan dengan investasi) nya, menjadi pilihan yang cukup bijak. Hasil investasi ini bisa Anda gunakan untuk biaya pendidikan anak, atau yang lainnya.

Itulah beberapa manfaat perlunya kita menggunakan asuransi. Langkah selanjutnya, yang cukup memerlukan kehati-hatian lebih adalah memilih perusahaan asuransi yang bisa mengcover kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda tertipu dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih. Semakin sehat perusahaan asuransi, maka peluang nasabah bisa mendapatkan keuntungan asuransi juga semakin besar. Dengan kata lain, kemungkinan klaim asuransi lebih mudah dibayarkan oleh perusahaan asuransi dari premi yang telah Anda bayar.

Perhatikan produk yang mereka tawarkan. Suatu perusahaan yang bergerak dalam memberikan jasa layanan asuransi jiwa kebanyakan akan memberikan penawaran lebih dari produk unggulan mereka, oleh karena itu saat memilih produk tersebut sebaiknya sesuaikan penawaran yang dijanjikan dengan kebutuhan anda serta sesuaikan juga dengan kondisi keuangan anda maupun goal yang ingin anda capai dengan menggunakan produk tersebut. Perhatikan dan cermati terlebih dahulu dari manfaat produk serta syarat ketentuan maupun harga premi dari asuransi jiwa yang harus anda penuhi dari pihak perusahaan.

Selain itu, perusahaan asuransi jiwa terbaik dapat dikenali dengan nama yang jelas, tempat perusahaan baik pusat maupun cabang, serta memiliki sejarah perjalanan yang jelas dalam menjalankan layanan jasa asuransi tersebut. Anda dapat mencari tahun mengenai profil dari perusahaan tersebut secara langsung maupun melalui internet untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk memilih perusahaan tersebut.

Perhatikan pula laporan keuangannya. Memilih asuransi jiwa berarti anda telah melakukan suatu perjanjian untuk jangka waktu panjang, oleh karena itu memilih perusahaan asuransi tidaklah boleh sembarangan pastikan penyedia jasa yang anda pilih tersebut tidak memiliki record financial yang buruk sehingga layanan yang dijanjikan benar-benar dapat digunakan dengan maksimal. Selain itu anda juga dapat memeriksa dari segi Risk Bassed Capital (RBC) dimana sesuai dengan peraturan pemerintah minimal 120%.
Pentingnya Asuransi
astralife.co.id

Banyak perusahaan asuransi yang bagus di Indonesia, salah satunya adalah Astra Life. PT ASTRA AVIVA LIFE atau Astra Life merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang menyatukan dua keunggulan. PT Astra International, Tbk, national champion, dan Aviva International Holding Ltd sebuah perusahaan asuransi kelas dunia. Astra Life menawarkan banyak produk asuransi baik untuk individu maupun untuk karyawan. Untuk individu, Astra Life memberikan berbagai macam produk baik untuk investasi dan proteksi atau bahkan keduanya, sedangkan untuk karyawan produk asuransinya meliputi asuransi kesehatan, jiwa dan pensiun. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa mengunjungi astralife.co.id yang merupakan website dari Astra Life, astralife.co.id menginformasikan secara lengkap mengenai Astra Life , produk-produk, serta manfaat yang akan didapat oleh nasabah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.
Advertisement:
Judul : Mengapa Perlu Memiliki Asuransi? Deskripsi : Menjelaskan Mengapa asuransi itu perlu Admin : Terbit Rating : 5 stars

  • Lifestyle